Pemkab Aceh Tengah Sosialisasikan E-Katalog Lokal Kepada UMKM

50

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyelenggarakan sosialisasi katalog elektronik (E-katalog) lokal kepada pelaku UMKM di daerah yang dilaksanakan di Ruang Pelatihan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (13/09/2023).

“Katalog elektronik lokal merupakan awal momentum yang baik untuk membangkitkan UMKM di daerah, tentunya perlu adanya peran pemerintah daerah untuk memberikan pemahaman dan kerampilan kepada para pelaku UMKM di daerah agar dapat ambil bagian dalam penyedia barang dan jasa melalui e-katalog”, kata Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT.

Lanjutnya, Dengan ditanyangkannya produk UMKM melalui e-katalog lokal nantinya, tidak tertutup kemungkinan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah lainnya dapat mengakses dan melakukan transaksi pada e-katalog lokal Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

“Kita optimis nantinya produk UMKM lokal yang ditayangkan melalui e-katalog dapat bersaing bahkan menjadi pilihan akses lintas kementerian, lembaga dan pemerintah daerah lainnya”, ucapnya.

T. Mirzuan menambahkan, Penerapan e-katalog lokal ini adalah upaya pemerintah untuk memberdayakan pengusaha lokal dan mendorong kemandirian ekonomi masyarakat, agar lebih menggunakan produk dalam negeri dan mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah.

“kita mendorong dan mengoptimalkan produk lokal daerah untuk berkembang dan mandiri serta dapat bersaing secara sehat dengan adaya e-katalog ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setdakab Aceh Tengah, Anshry, SE, MAP menyampaikan, tujuan penayangan produk UMKM melalui e-katalog lokal untuk memberikan harga yang terjangkau dan sosialisasi ini di selenggara untuk memberikan persepsi pemahaman dan pengetahuan yang sama dalam memahami bagaimana proses e-katalog lokal.

“E-katalog lokal tentunya membantu proses pengadaan barang/jasa menjadi lebih mudah, cepat, lebih hemat anggaran dan dilaksanakan secara transparan, akuntabel dan tercatat secara elektronik,” katanya.

Ia menambahkan, beberapa produk UMKM telah mengisi etalase pada e-katalog lokal Pemkab Aceh Tengah antara lain berupa makanan dan minuman, pakaian dinas dan tardisional, bibit tanaman, benih hortikultura dan tanaman pangan, hewan ternak, sovenir, jasa keamanan dan kebersihan, mesin sarana pertanian dan perkebunan dan banyak produk lainnya.

“Terhitung dari januari sampai agustus 2023, transaksi dari pemkab Aceh Tengah telah melakukan transaksi dengan pelaku UMKM sebesar empat miliar lebih, bahkan Kementerian Pertanian melakukan transaksi pengadaan sebesar satu miliar melalui e-katalog kita”, ujar Anshary.

Ia Menghibau kepada para pelaku UMKM apabila berminat dan ingin menayangkan produknya kedalam e-katalog Pemkab Aceh Tengah dapat menghubungi atau datang langsung ke Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setdakab Aceh Tengah, pihaknya besedia dengan senang hati mendampingi dan mengarahkannya. (RH/ProkopimAT)

X