Pemkab Aceh Tengah Terima Penganugrahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023

113

Banda Aceh – Penjabat Bupati Aceh Tengah menerima penghargaan Piagam Penghargaan dalam Penganugrahan Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023, yang di laksanakan di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Kamis (25/01/2024).

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menerima Piagam Penghargaan Penganugrahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Ombusman RI Nomor 418 Tahun 2023 Tentang Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

Sebelumnya, berdasarkan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, Ombudsman Republik Indonesia telah melakukan penilaian kepatuhan penyelenggaraan publik, menyatakan bahwa penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan terhadap pejabat dan unit penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah pada periode Juni – Oktober 2023, memperoleh nilai 83,86 (Zona Hijau) dengan kategori B (Kualitas Tinggi).

Penilaian tersebut dinilai berdasarkan unit pelayanan yang berada di Kabupeten Aceh Tengah diantaranya, Dinas Kesehatan Aceh Tengah memperoleh nilai 79,96; Puskesmas Kuta Panang memperoleh nilai 79,98; Dinas Penenaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh Tengah memperoleh nilai 80,44; Puskesmas Kebayakan memperoleh nilai 83,09; Dinas Pendidikan Aceh Tengah memperoleh nilai 86,57; Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Aceh Tengah memperoleh nilai 87,01; dan Dinas Sosial Aceh Tengah memperoleh nilai 89,98.

Ditemui setelah penganugrahan tersebut, Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang telah memberikan kepatuhan pelayan publik selama ini.

”saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Daerah kita, Penganugrahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 adalah suatu penghargaan yang membanggakan, mencerminkan dedikasi dan komitmen kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Mirzuan.

Ia menambahkan, keberhasilan ini bukan hanya milik Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, akan tetapi juga menjadi keberhasilan seluruh komponen masyarakat yang telah mendukung dan berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Melalui sinergi dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, sehingga mampu mencapai prestasi luar biasa ini.

Mirzuan menegaskan, penerimaan penghargaan ini bukanlah akhir perjalanan, melainkan awal dari komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, yang akan diberikan bagi seluruh lapisan masyarakat.

”untuk itu, mari bersama-sama terus bekerja keras, berinovasi, dan mengevaluasi proses penyelenggaraan pelayanan agar dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat, hal ini harus menjadi komitmen kita bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Aceh Tengah,” jelas Mirzuan.

”dan kepada seluruh aparat pemerintah dan semua pihak yang telah berkontribusi, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya, tanpa kerjasama dan dedikasi kita bersama, pencapaian ini tidak akan terwujud, mari kita jadikan momentum ini sebagai inspirasi untuk terus melangkah maju, meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan responsivitas pelayanan publik,” lanjutnya.

Mirzuan juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berperan aktif dalam memberikan masukan dan partisipasi dalam pembangunan daerah, agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik, bermartabat, dan memberikan pelayanan yang bermutu untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

”saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus berperan aktif dalam memberikan masukan dan partisipasi, dengan dukungan dan keterlibatan kita semua, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik, bermartabat, dan memberikan pelayanan yang bermutu, terima kasih atas kerja sama dan dedikasi yang telah diberikan selama ini, dan mari bersama-sama kita tingkatkan lagi pelayanan publik untuk kebahagiaan dan kesejahteraan bersama.” tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X