Perempuan Aceh Tengah Dilatih Manajemen Usaha

15

Takengon- Sebanyak 30 perempuan dilatih keterampilan manajemen usaha, peserta pelatihan ini berasal dari 14 kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan pelatihan berlangsung Selasa (26/03) di aula Dinas Pangan Kabupaten Aceh Tengah dan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna.

Kadis Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Aceh Tengah, Alam Suhada menyebutkan sejumlah 30 peserta merupakan perempuan yang sehari-hari juga menjadi kepala keluarga atau single parent dan kurang mampu.

“Pelatihan keterampilan ini merupakan salah satu program kegiatan dari TP PKK Kabupaten Aceh Tengah bekerjasama dengan Dinas KBPPPA Kabupaten Aceh Tengah,” ungkap Alam.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama satu hari yang diisi dengan berbagai materi dan praktek dari Narasumber yang berasal dari Dinas KBPPPA dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Tengah.

“Hasil dari pelatihan ini nanti juga akan diperlombakan pada peringatan hari Kartini bulan April mendatang,” imbuhnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Tengah, Puan Ratna mengatakan kegiatan pelatihan yang dilakukan sebagai upaya pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

“Harapan kami pelaksanaan kegiatan ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan membantu peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Puan.

Menurutnya, selama ini sudah ada yang mulai menciptakan lapangan kerja seperti ibu-ibu pengrajin Kerawang Gayo, pengrajin anyaman dan keterampilan lainnya yang mengarah kepada peningkatan ekonomi, namun perlu mengemasnya menjadi lebih baik agar menarik untuk dipasarkan.

Puan turut mengapresiasi kaum ibu yang selama ini sudah dianggap berhasil dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat Aceh Tengah.(Ali)