Peringati Hari Ibu, Shabela: Ibu Pahlawan Sesungguhnya

279

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar hadiri Resepsi Peringatan Hari Ibu ke-94 yang mengangkat tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”, bertempat di Gedung Ummi Pendopo setempat, Kamis (22/12/2022).

Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan hari ibu Tahun 2022. Sebelumnya telah dilaksanakan sejumlah kegiatan, mulai dari senam bersama, ziarah makam pahlawan, serta kunjungan ke panti asuhan.

Seperti diketahui salah satu titik penting perjuangan pergerakan para perempuan di masa sebelum kemerdekaan dan menjadi tonggak sejarah tersendiri adalah ketika diselenggarakannya kongres perempuan Indonesia pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Momentum ini kemudian ditetapkan sebagai hari nasional pada tahun 1959 oleh presiden Soekarno yang dinamakan hari ibu.

Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya mengatakan hal yang terpenting bahwa peringatan ini haruslah kita jadikan sebagai momen untuk menyadarkan kita bahwa ibu adalah pahlawan sejati.

“Ibu merupakan pahlawan sesungguhnya, pahlawan yang ditakdirkan senantiasa terlibat dalam setiap perjuangan, kesedihan, kegembiraan yang selalu setia ada untuk kita”, kata Shabela.

Dilanjutkan Shabela, “Menurut pandangan kami ungkapan di atas tidaklah berlebihan mengingat seorang ibu dengan segala kelemahan dan keterbatasannya selalu dituntut menghadapi dan menyelesaikan persoalan sekuat tenaga dengan mengerahkan segenap jiwa dan raga”, paparnya.

Untuk itu ia berpesan agar kita semua selaku anak memperlakukan ibu dengan sebaik-baiknya.

“Dalam kesempatan ini saya berpesan agar kita semua dapat memperlakukan ibu di rumah dengan sebaik-baiknya benar hormat yang tinggi melayani sepenuh hati serta jangan pernah menyakitinya”, pesan Bupati.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah, Puan Ratna mengatakan bahwa perjuangan para perempuan tak pernah hilang semangatnya untuk mencapai sebuah kehidupan yang lebih baik untuk generasi penerus begitupun perannya dalam merebut kemerdekaan.

“Melalui peringatan hari ibu setiap tahunnya diselenggarakan dalam rangka mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam merebut dan mengisi kemerdekaan”, kata Puan.

Selain itu, menurut Puan, perempuan yang berdaya memiliki daya ungkit yang besar dalam meningkatkan kualitas hidup.

“Perempuan memiliki daya ungkit yang besar sehingga harapan terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dapat segera terealisasi”, ungkapnya.

Menutup sambutannya Puan mengucapkan selamat hari ibu kepada seluruh ibu yang ada di Aceh Tengah.

“Selamat hari ibu yang ke-94 untuk ibu-ibu yang ada di seluruh pelosok Kabupaten Aceh Tengah”. Pungkasnya. (KS/ProkopimAT)

X