Persiapan Menuju MTQ Aceh, Bupati Buka Training Center Bagi Kafilah Aceh Tengah

65

Takengon – Sebanyak 56 orang peserta selaku calon kafilah MTQ dari Kabupaten Aceh Tengah, menjalani pemusatan latihan atau Training Center (TC) selama 4 (empat) hari sebagai persiapan menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Aceh Ke-35 Tahun 2021 di Kabupaten Bener Meriah nanti.

Training Center itu dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar didampingi Kepala Kantor Kemenag beserta Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah, di Hotel Grand Renggali Takengon, Rabu (19/05).

Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengatakan pemusatan latihan tersebut merupakan proses pembinaan dan latihan secara terpusat guna mempersiapkan diri kafilah agar lebih baik, lebih matang, dan lebih menguasai dalam menghadapi perhelatan MTQ Tingkat Provinsi Aceh tahun 2021 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bener Meriah sekitar bulan November mendatang.

“Training Center ini kita laksanakan sebagai bahagian untuk meningkatkan kemampuan kafilah kita agar benar-benar siap tanding dalam perhelatan MTQ nantinya,” ujar Mustafa.

Sementara itu Bupati Shabela Abubakar dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pemusatan latihan yang akan berlangsung selama beberapa hari kedepan.

Dikatakannya, Training Center ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam memberikan perhatian kepada para kafilah agar dalam mengikuti ajang MTQ Aceh nantinya dapat benar-benar siap tampil dengan kemampuan yang sudah dibekali oleh pembimbing, baik dari luar daerah maupun dari LPTQ Kabupaten Aceh Tengah.

“Keberhasilan para kafilah dan keberhasilan kita semua di ajang MTQ Aceh nantinya dipengaruhi banyak faktor, namun keseriusan dari anak-anak kami Qori dan Qoriah dalam belajar dan mengulang semua materi yang telah diperoleh selama pemusatan latihan merupakan faktor utama,” jelas Shabela.

Lebih dari itu Shabela juga berharap kepada seluruh peserta agar pelaksanaan TC ini dijadikan sebagai wahana pembelajaran untuk meningkatkan pengamalan dan syiar ayat suci Al Qur’an, yang pada akhirnya memberikan manfaat dunia akhirat bagi pribadi dan orang lain.

“Para peserta hendaknya juga dilandasi dengan niat yang ikhlas dalam belajar, semata-mata hanya mencari ridha Allah dan mensyiarkan ajaran Allah dan rasulnya melalui Al Qur’an, sehingga apa yang diperoleh nantinya baik ilmu dan prestasi di arena MTQ, merupakan hal yang bermakna bagi peserta dan orang lain,” kata Shabela lebih lanjut.

Dalam kesempatan itu Shabela juga menaruh harapan, dalam perhelatan MTQ Aceh Ke-35 nantinya, Kabupaten Aceh Tengah dapat meningkatkan prestasi dan meraih juara, sebagaimana didambakan oleh seluruh masyarakat di kabupaten ini.

“Ini merupakan sebuah amanah yang berat, namun kami yakin dan percaya bahwa kafilah MTQ Kabupaten Aceh Tengah akan mampu bersaing dengan kafilah kabupaten/ kota yang lain untuk menjadi yang terbaik.” Harapnya.

Direncanakan, dalam kegiatan TC yang berlangsung hingga Sabtu, 22/05/21 kedepan, 56 orang peserta akan diberikan pembekalan masing-masing untuk 7 (tujuh) cabang perlombaan diantaranya cabang Tilawah, Qira’ah Sab’ah, Hifzil/ Tafsir/ Tartil, Fahmil, Syarhil, Khat, dan MKIK. (IMH/Humas)