“Ping” Dukcapil di Kampung Paya Kolak dan Sekitarnya

1,922

Takengon – Pelayanan Keliling (Ping) Dukcapil terus menyasar masyarakat di kampung-kampung, kali ini berada di kampung Paya Kolak Kecamatan Celala dan sekitarnya.

Ping Dukcapil merupakan salah satu inovasi Dinas Dukcapil Aceh Tengah yang khusus melayani dokumen kependudukan warga dengan cara jemput bola dan berkeliling dari kampung ke kampung.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengatakan selain warga Paya Kolak hadir juga saat itu warga kampung sekitar, mulai dari kampung Berawang Gading hingga Tanoh Depet.

“Kekhususan Ping Dukcapil adalah menyasar wilayah yang relatif jauh dari Takengon, kita upayakan pelayanan diberikan kepada warga yang berasal dari gabungan beberapa kampung, kecuali memang ada kampung yang terpencil dan membutuhkan pelayanan khusus,” ungkap Mustafa, Sabtu (01/10/2022).

Mustafa menyebutkan kegiatan pelayanan keliling yang dilakukan pihaknya memang sudah dilakukan sejak lama namun baru dijadikan satu inovasi karena perlu dikelola lebih baik, mulai dari standar operasional prosedur, waktu, pengaturan sumberdaya aparatur, serta koordinasi dengan para pihak terkait.

Berbeda dengan layanan jemput bola lainnya seperti Pil Dahaga atau Dukcapil Datangi Rumah Warga yang lebih fokus melayani warga rentan seperti korban musibah bencana alam yang membutuhkan dokumen kependudukan segera. Begitu juga dengan inovasi D’ Gool atau Dukcapil Goes To School lebih konsen dalam melakukan pelayanan perekaman KTP di SMA sederajat.

“Ping Dukcapil diharapkan menjadi satu solusi bagi masyarakat yang masih kesulitan mengurus dokumen kependudukan, dan terbantu dengan pelayanan keliling yang kami lakukan,” ujarnya.

Pelayanan jemput bola melalui Ping Dukcapil menjadi satu upaya mendekatkan dan menjangkau seluruh masyarakat dari kampung hingga ke kota sesuai dengan jargon Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

Kegiatan pelayanan Adminduk keliling juga melibatkan para Mahasiswa yang sedang mengikuti Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) program Kampus Merdeka yang ditempatkan di Disdukcapil Aceh Tengah. (*)

X