Pj. Bupati Aceh Tengah Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2024 di Kota Pahlawan

63

Surabaya – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. Mirzuan, MT, menghadiri dan mengikuti langsung upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024 yang diselenggarakan di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/04/2024).

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 tersebut dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, meski Kota Surabaya yang kenal Kota Pahlawan diguyur hujan sepanjang upacara tersebut tetap berlangsung khidmat, terlihat kepala daerah se-Indonesia dan berbagai tamu undangan lainnya hadir.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Penganugerahan Penghargaan Karya Bhakti Satyalancana kepada sejumlah Kepala Daerah atas prestasi oleh Presiden Joko Widodo, yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Mendagri Tito Karnavian.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan keselarasan kondisi hari ini dengan berpegang pada pembangunan yang berkelanjutan untuk genarasi medatang dalam tema yang di usung “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang sehat” akan terwujud dengan kolaborasi dan konektivitas yang baik.

“upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang”, Ujarnya.

Mendagri Tito menjelaskan, Perjalanan kebijakan otonomi daerah tahun ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah. Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat

“Otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 (dua) tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan memberikan pelayanan publik bagi
masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi dan pemanfaatan sumber daya keberlanjutan sesuai keberagaman kekhasan daerah dan tujuan demokrasi bertujuan mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society”, jelas Tito Karnavian.

Selanjutnya, Ia juga menyampaikan selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan pada Peringatan Hari Otonomi Daerah 2024 kali ini.

Ia menjelaskan bahwa sesuai dengan prinsipnya, pemberian penghargaan ini adalah upaya untuk menciptakan iklim kompetitif antara kepala daerah. Sehingga dia berharap, pemberian penghargaan ini akan dapat betul-betul membangkitkan motivasi kepala daerah untuk berkompetisi secara positif.

“Penghargaan itu tidak dilakukan oleh Kemendagri sendiri, tapi dilakukan oleh panel yang tergabung dari semua unsur pemerintah yang terkait. Termasuk dari garis militer juga mengecek dan kemudian diikuti juga oleh pihak-pihak eksternal, baik akademisi dan lembaga-lembaga internasional yang ada di Indonesia yang kredibel,” Lanjutnya.

Ia pun menambahkan, disamping mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam konteks ekonomi hijau, pemerintah daerah secara eksisting dihadapkan pada hambatan dan tantangan dalam pembangunan daerah untuk mendorong program pembangunan nasional.

Sehingga pada kesempatan itu, Ia mengajak semua pemerintah daerah untuk bekerja lebih memaksimalkan kinerja untuk Indonesia yang lebih baik kedepannya.

“Selamat melaksanakan dan memperingati Hari Otonomi Daerah, mari kita bekerja lebih baik, melangkah lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik,” Tutupnya.

Pada acara tersebut Pj. Bupati T. Mirzuan berkesempatan berfoto bersama Mendagri Tito Karnavian dan sejumlah kepala daerah dari wilayah lainnya serta mengikuti sejumlah rangakaian acara hingga mengikuti acara gala dinner dan penyerahan piagam pengahargaan kepada sejumlah kepala daerah yang memiliki prestasi tinggi berdasarkan evaluasi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah. (RH/ProkopimAT)

X