Pj. Bupati Aceh Tengah, T Mirzuan Ikuti Langsung Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Se Indonesia

306

Bogor, Jawa Barat – Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. Teuku Mirzuan MT. hadir dan ikuti secara langsung Rapat koordinasi nasional (Rakornas) kepala daerah dan Forkopimda tahun 2023, yang digelar oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul City, Jl. Jend. Sudirman, Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (17/1/2023).

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah se-Indonesia itu, dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, yang juga menyampaikan arahan nya pada peserta Rakornas yang mengusung tema, “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”.

Terpisah, Pj. Bupati Aceh Tengah, menyampaikan dalam pertemuan yang setidaknya dihadiri langsung oleh 4.545 peserta baik para Kepala Daerah dan unsur Forkopimda itu, terbagi dalam empat panel, dengan seluruh menteri koordinator Menko sebagai Narasumber dan pembicara nya.

Panel satu diisi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, membahas tentang pertumbuhan ekonomi dan inflasi bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Gubernur Bank Indonesia (BI), Menteri Keuangan, Menteri Perdaganagan dan Kepala Badan Pangan Nasional.

Sementara panel dua Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023 di Sentul, mengenai investasi hilirisasi dan perizinan berusaha, dengan pembicara utama Menko Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan secara daring, bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), MenPAN-RB, Menhub, Menteri PUPR dan Menteri Agraria/BPN.

Panel tiga membahas penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, dengan pembicara utama Menko Pembangunan Manusia Kebudayaan (PMK) Muhadji Effendy, bersama Menteri Kesehatan, dan Menteri Tenaga Kerja.

Kemudian panel empat membahasa stabilitas politik, hukum dan keamanan dengan pembicara utama Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala BIN, Kapolri, Jaksa Agung, Panglima TNI dan BPKP.

Sementara, dalam gelaran pertemuan Nasional tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan rakornas ini menindaklanjuti arahan Presiden pada hari Jumat (6/1/2023) lalu agar diselenggarakan rapat koordinasi nasional yang dihadiri langsung oleh pemerintah pusat dan daerah.

Diterangkan nya, sebagai upaya penanganan inflasi daerah, Kemendagri bersama dengan kementerian lembaga terkait telah melaksanakan langkah-langkah, diantaranya adalah rapat koordinasi rutin mingguan pengendalian inflasi daerah

“Rapat koordinasi pengendalian inflasi kita laksanakan setiap hari Senin yang diikuti oleh seluruh kepala daerah, jajaran Forkopimda, pimpinan instansi vertikal tingkat provinsi dan kabupaten kota sejak Oktober 2022 sampai dengan saat ini, ” Lapor Mendagri, Tito Karnavian, pada Presiden Jokowi dan juga para hadirin Rakornas kepala daerah dan Forkopimda tahun 2023 se Indonesia tersebut. (HMA/ProkopimAT)

X