Pj. Bupati Mirzuan Buka Festival UT 2024

57

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT membuka acara festival didong pelajar se-Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah yang digelar oleh Sanggar Gayo Mentalu bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) Aceh, bertempat di Café Keni Gayo Pujasera, Sabtu (17/02/2024).

Dalam sambutannya Pj. Bupati Mirzuan menyambut baik kegiatan tersebut karena ini suatu bentuk menjaga kelestarian budaya.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya, kami menilai kegiatan ini sangat bernilai positif dan mendidik serta sebagai upaya untuk terus menjaga dan melestarikan budaya gayo dalam kehidupan bermasyarakat”, ujar Mirzuan.Ia berharap generasi muda terus menjunjung tinggi identitas.

“Dengan terselenggaranya UT Festival 2024 ini diharapkan dapat melahirkan banyak penutur aktif dari generasi muda sehingga bahasa gayo dapat terus dilestarikan karena penting bagi kita semua untuk melestarikan dan menghargai bahasa gayo, hal ini merupakan bagian penting dari identitas budaya kita”, kata Mirzuan.

Sementara itu Direktur UT Aceh Syamsuri, S.IP, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk upaya mempertahankan budaya.

“Pada kesempatan ini kami ingin berkontribusi kepada pemerintahan setempat yang dapat kami berikan pada hari ini. Kami ingin menghidupkan budaya yang mungkin saja anak-anakku sekalian yang sudah terlalu banyak menyerap budaya-budaya dari luar yang tidak ada maknanya, padahal didong ini tentu lebih bermanfaat bagi kita”, katanya.

Selain itu, ia mengajak generasi penerus untuk tetap meningkatkan akhlak dan kemampuan diri dalam menyongsong masa mendatang.

“Kami juga ingin mengajak generasi selain berakhlak, juga untuk memiliki kompetensi yang mana, kedua hal ini penting untuk menjadi anak yang berhasil di masa depan, untuk itu kehadiran UT kami harapkan mampu membuat anak-anak Gayo mampu bersaing dengan anak-anak di daerah lain”. Tutupnya. (KS/ProkopimAT)

X