Pj. Bupati Mirzuan Launching Inovasi Kesehatan ‘Penting Jaga Iman’

64

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT hadiri Bakti Sosial serta me-Launching Inovasi Penguatan Pencegahan Stunting Menjadikan Keluarga Sehat dan Meningkatkan Imunisasi Anak (‘Penting Jaga Iman’), bertempat di SDN 14 Linge Kampung Gemboyah, Kecamatan Linge, Sabtu (25/05/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Aceh Tengah ini terpantau ramai didatangi oleh masyarakat kampung Gemboyah serta kampung-kampung sekitar. Warga terlihat antusias untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Atas antusiasme tersebut, Pj. Bupati Mirzuan dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang hadir. Ini karena kesehatan adalah hak fundamental setiap manusia dan merupakan aspek penting dalam pembangunan suatu daerah.

“Hari ini, kita melangkah maju dengan dua inisiatif besar: Bakti Sosial dan Pencegahan Stunting. Kedua program ini adalah upaya nyata Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya dalam memastikan tumbuh kembang anak-anak kita berjalan optimal”, kata Mirzuan.

Masalah stunting di Indonesia, khususnya di Aceh Tengah, masih menjadi tantangan yang signifikan. Stunting, atau kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang pada masa awal kehidupan, memiliki dampak jangka panjang yang serius terhadap perkembangan fisik dan kognitif anak. Oleh karena itu, pencegahan stunting harus menjadi prioritas utama.

“Melalui kegiatan ini, kita berkomitmen untuk memperkuat upaya pencegahan stunting dengan berbagai strategi, antara lain: Peningkatan Gizi, Penyuluhan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan yang Optimal, serta Sanitasi dan Kebersihan”, lanjut Mirzuan.

“Selain itu, program peningkatan imunisasi juga menjadi fokus utama kita. Imunisasi adalah salah satu intervensi kesehatan yang paling efektif dan efisien dalam mencegah penyakit menular yang berbahaya. Melalui program ini, kita berupaya untuk mencapai cakupan imunisasi yang tinggi sehingga anak-anak kita terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya”, ujar Mirzuan lebih lanjut.

Untuk mensukseskan program mulia ini, Mirzuan mengajak segenap pihak saling dukung agar target pemerintah bisa tercapai.

“Dalam melaksanakan program ini, kita tidak bisa berjalan sendiri. Diperlukan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, baik pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat, serta seluruh lapisan masyarakat. Saya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama berkontribusi dalam mensukseskan program ini demi masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kita”, harap Mirzuan.

Turut hadir pada acara tersebut Kapolres Aceh Tengah, Ketua MPU Aceh Tengah, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Staf Ahli Bupati, Camat Linge beserta unsur pimpinan Kecamatan, serta tamu undangan lainnya. (KS/ProkopimAT)

X