Pj. Bupati Mirzuan Panen Jagung di Kampung Mulie Jadi

51

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT memanen Jagung di Kampung Mulie Jadi, Kecamatan Silih Nara, Minggu (26/5).

Hadir dalam acara panen tersebut Kadis Pertanian Ir. Nasrun Liwanza, MM, Camat Silih Nara, Drs. Darmawi, Camat Celala Yusri Johan, SE, Bedel Reje Kampung Mulie Jadi Ikhwan juga hadir Reje Kampung Paya Tumpi Baru Idrus dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Seperti yang kita ketahui, Aceh Tengah masih membutuhkan banyak pasokan Jagung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di masa Inflasi seperti saat ini.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian mencoba mengendalikan inflasi di Daerah dengan salah satu cara membudidayakan Jagung demi memenuhi kebutuhan pasokan Jagung di wilayah Aceh Tengah.

Poktan (Kelompok Tani) Rembele merupakan kelompok Tani terpilih untuk membudidayakan Jagung dengan Varietas Pioner 32 dengan Ketua Kelompok M. Radialam Purba.

Ladang Jagung seluas 4 Hektare tersebut ditaksir akan menghasilkan 8 Ton Jagung yang akan dipasarkan dalam wilayah Aceh Tengah.

Saat sekarang ini Kelompok Tani Rembele sudah menjadi kelompok tani yang mandiri dan berniat untuk menjadikan Kampung Mulie Jadi sebagai Kampung Jagung karena keberhasilannya dalam membudidayakan Jagung.

“Insya Allah Pak, kami bersama anggota berniat untuk menjadikan Kampung Mulie Jadi Kecamatan Silih Nara ini sebagai Kampung Jagung” ucap Radialam Purba sebagai Ketua Poktan Rembele.

Dalam kesempatannya, Pj. Bupati Aceh Tengah mengungkapkan rasa bangga terhadap Kampung Mulie Jadi khususnya kepada Kelompok Tani Rembele dalam membudidayakan Jagung Varietas Pioner 32 ini.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini kita bersama-sama dapat memanenkan Jagung, semoga dengan Panen Jagung di Kampung ini dapat menurunkan angka Inflasi di Aceh Tengah” kata Mirzuan.

“Kami juga berterimakasih kepada Bedel Reje Kampung Mulie Jadi, karena pada kesempatan ini masih bisa mendukung kelompok taninya membudidayakan Jagung dengan sangat baik” tambah Mirzuan.

Dalam acara panen ini juga dilakukan simulasi alat perontok Jagung yang diberikan Pemerintah Aceh Tengah kepada Poktan Rembele guna menunjang kegiatan Poktan dalam mengolah hasil panen.

Pj. Bupati Aceh Tengah juga berharap dengan adanya Kelompok Tani Rembele ini menjadi penyemangat kelompok-kelompok tani lainnya untuk mengembangkan potensi tanamannya masing-masing.

“Saya harapkan kelompok tani ini menjadi contoh kepada kelompok tani yang lain untuk mengembangkan potensinya masing-masing demi meningkatkan perekonomian dan menurunkan angka inflasi di Kabupaten Aceh Tengah” ucap Mirzuan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu juga Pj. Bupati Aceh Tengah mengajak masyarakat dan Anggota Kelompok Tani Rembele untuk bergotong royong guna menyelesaikan irigasi perpipaan yang belum selesai sekitar 2 KM lagi demi menunjang sistem pertanian kelompok tersebut. (DPM/ProkopimAT)

X