PKK Aceh Tengah Gelar Gernas Buku

64

Takengon – Gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca bagi anak, Tim Penggerak (TP) PKK Aceh Tengah menggelar Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Buku).

“Menumbuhkan budaya membaca sejak dini dapat dilakukan melalui pembiasaan di rumah,” ujar Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna.

Menurut Puan Ratna dengan kegiatan membiasakan membacakan buku untuk anak-anak dapat menjauhkan dari kegiatan bermain gadget dan menonton televisi.

“Kami berharap orang tua dapat mengawasi anak-anak dan menjaukan kebiasaan dari ketergantungan bermain handphone dan menonton televisi secara berlebihan, karena dapat mengganggu pola pikir dan prilaku anak,” tambah Puan Ratna yang juga Bunda Paud Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan ini kerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat. Dilaksanakan, Sabtu (25/8/2019) di Tugu Aman Dimot, depan kantor Setdakab Aceh Tengah.

Peserta melibatkan beberapa lembaga Paud yang ada diseputaran kota Takengon, seperti Paud Bayangkari, Paud AL-QUR’an Ruhama, Paud TK Pembina Lut Tawar dan Paud Asyiah.

Terlihat orang tua siswa juga turut mendampingi dan membacakan berbagai bahan bacaan kepada anak-anak.

“Kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilaksanakan di kecamatan-kecamatan dan kampung, agar generasi gemar membaca di daerah ini dapat terwujud,” demikan Puan Ratna. (Ozi/Mik)