Puan Ratna Dampingi Ketua TP-PKK Aceh Ke Gunung Singit

35

Takengon – Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna dampingi Ketua TP-PKK Provinsi Aceh Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT pada lawatannya ke Kampung Gunung Singit, Senin (06/09/2021), dalam rangka pembinaan kampung tersebut sebagai Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) yang diperlombakan di tingkat Provinsi Aceh untuk tahun 2021.

Dalam sambutannya, Puan Ratna menyampaikan selamat datang kepada Ketua TP-PKK Provinsi Aceh beserta jajaran di Kampung Gunung Singit yang menurut Puan merupakan kampung yang sangat kompak bahkan sejak dirinya masih menjabat sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Silih Nara pada tahun 1994 silam.

Penilaian kampung Gunung Singit sebagai Gammawar, menurut Puan telah dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kampung sebanyak 295 kampung, lalu ke tingkat kecamatan sebanyak 14 kecamatan, hingga dinilai bahwa kampung Gunung Singit layak menjadi pemenang Gammawar di Kabupaten Aceh Tengah.

“Kami melihat kampung ini sangat layak karena memenuhi seluruh kriteria sebagai kampung Gammawar yang kemudian nanti akan diperlombakan di tingkat Provinsi”, ujarnya.

Kedepannya, istri orang nomor satu di kabupaten berhawa sejuk ini ingin program Gammawar yang telah dijalankan di kampung Gunung Singit ini bisa diterapkan juga di seluruh kampung di Aceh Tengah.

Di samping itu, Puan juga mengingatkan kepada kampung bahwa program ini bukan hanya untuk memenangkan sebuah perlombaan semata. “Menang adalah bonus, perubahanlah yang kita harapkan untuk setiap kampung di Aceh Tengah”, tegasnya.

Senada dengan Puan Ratna, Ketua TP-PKK Provinsi Aceh Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT juga mengatakan bahwa esensi dari pembinaan TP-PKK ini adalah menciptakan keluarga yang sejahtera.

“Kalau kita ingin maju, pondasinya adalah keluarga yang sejahtera, untuk itu peran TP-PKK dalam hal ini sangat dibutuhkan”, jelas Dyah.

Dilanjutkan Dyah, bahwa kesejahteraan juga terkait dengan kesehatan, selain fisik perlu juga untuk menanamkan pondasi keagamaan sehingga keluarga bahagia bisa diwujudkan di Aceh Tengah.

Dyah turut mengapresiasi Reje Kampung yang telah membimbing dan memberikan perhatian kepada TP-PKK kampung Gunung Singit. “Saya mengapresiasi setinggi-tingginya pada Reje kampung yang sangat mengetahui potensi-potensi yang ada di kampungnya serta mengenal dan mendukung kegiatan PKK”, ungkap Dyah.

Setelah menggelar pertemuan dengan para kader PKK, Puan Ratna mendampingi Dyah Erti Idawati bersama tim Provinsi meninjau sejumlah lokasi inovatif yang ada di Kampung tersebut, antara lain rumah sehat, bank sampah, tanaman toga dan perpustakaan kampung.

Untuk diketahui, pembinaan tim Provinsi akan ditindaklanjuti dengan pengiriman laporan di minggu pertama bulan Oktober 2021. Laporan terbaik dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh akan dipilih sebagai nominasi pemenang untuk kemudian dikunjungi oleh tim penilai.

Kemudian hasil penilaian akan diverifikasi kembali oleh tim penilai yang kemungkinan akan diumumkan diakhir Oktober 2021. (KS/ProkopimAT)