Rakor Teknis Pengawasan SPIP Terintegras, Pemda Aceh Tengah Terima Penghargaan SPIP dan Kapabilitas APIP

122

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M. Si menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Pengawasan dan Penyerahan Penghargaan SPIP Terintegrasi yang dilaksanakan oleh Inspektorat Aceh bekerja sama dengan KPK RI dan BPKP RI Perwakilan Aceh, bertempat di Hotel Hermes Banda Aceh, Rabu (24 April 2024).

Rakor Teknis Pengawasan dan Penyerahan Penghargaan SPIP Terintegrasi mengangkat tema ‘Sinergisitas Pengawasan yang Inklusif menuju Pencapaian Pembangunan Aceh yang Berkualitas’.

Seusai pembukaan acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah di seluruh Aceh yang telah mencapai Level 3 untuk 4 indikator.

Indikstor tersebut antara lain yaitu, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Level Kapabilitas APIP, Menejemen Risiko Indeks (MRI) dan Indeks Efektifitas Pengendalian Korupsi (IEPK).

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mendapatkan penghargaan, yang telah mencapai 2 Indikator Level 3 dengan indikator SPIP dan Kapabilitas APIP, sedangkan untuk indikator MRI dan IEPK Kabupaten Aceh Tengah masih berada di Level 2.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Irjen Kemendagri Komjen. Pol. Tomsi Tohir Balaw dan diterima oleh Subhandhy selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Ditemui usai penerimaan penghargaan tersebut, Subhandhy menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk seluruh unsur pemerintah dan masyarakat.

“penghargaan ini, adalah hasil kerja keras kita selama ini, untuk itu kami ucapkan terima kasih atas seluruh dedikasi yang telah kita lakukan bersama-sama,” ujar Subhandhy.

“kita bersama juga harus mempertahankan pencapaian ini, dengan mempertahankan indikator SPIP dan Kapabilitas APIP, dan bersama-sama berupaya untuk meningkatkan indikator MRI dan IEPK yang saat ini masih berada pada Level 2,” tambahnya.

Menurutnya, peningkatan pada beberapa indikator tersebut sangat penting untuk menunjang transparansi dan akuntabilitas dalam setiap langkah kebijakan yang akan diterapkan pada sistem pemerintahan.

“dengan semangat yang sama, kami yakin bahwa upaya peningkatan ini, akan membawa manfaat yang signifikan bagi efisiensi dan efektivitas pemerintahan daerah Aceh Tengah,” tegas Subhandhy.

“karena itu, mari bersama-sama kita bersatu kembali, berupaya dalam meningkatkan sistem pemerintahan kita, terus berinovasi dan berdedikasi lebih baik lagi, sehingga dapat menjadikan Kabupaten Aceh Tengah menjadi lebih baik lagi kedepannya.” tutupnya. (AS/ProkopimAT)

X