Ramaikan Rangkaian HUT ke 443 Kota Takengon Tahun 2020, KNPI Aceh Tengah Gelar Aksi Sosial Donor Darah

154

Takengon – Dalam rangka memeriahkan HUT ke 443 kota Takengon, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Aceh Tengah, menggelar aksi sosial donor darah, Sabtu (22/02/2020) di Unit Tranfusi Darah RSUD Datu beru, Takengon.

Kegiatan Donor darah tersebut merupakan kerjasama KNPI dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Datu Beru dan Palang Merah Indonesia (PMI) Takengon.

Ketua panitia aksi sosial donor darah Radali, S.S.T, dalam laporannya menyampaikan, KNPI menggagas aksi ini dalam rangka memeriahkan HUT Kota Takengon, dengan semboyan mewakafkan sedekah darah Lillah karena Allah.

“Aksi sosial donor darah bertujuan membantu bank darah UTD RSUD Datu Beru dan mohon kemudian hasil dari pendonoran hari ini disampaikan kepada yang betul betul membutuhkan” ujar Radali.

Menurut Radali, melalui sekantong darah untuk satu nyawa dan beribu kebahagian, wujud nyata kita peduli sesama, darahku bukti cinta untuk sesama.

“Setetes darah yang disumbangkan akan memberikan kesempatan hidup bagi yang membutuhkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Aceh Tengah, Edy Gunawan, SE. mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan aksi sosial ini, dan kepada para pendonor yang telah bersedia mendonorkan darahnya pada kegiatan yang dilaksanakan KNPI ini.

“Kepada para pemuda yang menggiat kegiatan ini kami selaku pengurus KNPI Aceh Tengah, sangat bangga dan mengapresiasi kepedulian sosial para pemuda/i Kabupaten Aceh Tengah” ungkap Edy.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Bapak H. Harun Manzola, SE, MM. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Aceh Tengah bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Datu Beru Takengon.

“Kita ketahui KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang aktif bersinergi dengan pemerintah dan stake holder terkait lainnya dalam membangun daerah di segala sektor termasuk sosial, kesehatan, kesejateraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Aceh Tengah” ujar Harun.

Sebutnya lagi, selain sangat membantu bagi orang lain, kegiatan ini juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor itu sendiri, tubuh akan lebih sehat karena dalam tempo tiga bulan kemudian memproduksi darah baru setelah diambil darahnya sebelumnya.

Kegiatan aksi sosial donor darah ini mengikut sertakan seratusan orang relawan pendonor darah dan dalam kesempatan ini Harun Manzola berkesempatan meninjau Bank darah Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD daru beru Takengon dan menyaksikan bagaimana proses pendonoran darah dari salah satu relawan pendonor. dr Azwar yang juga salah seorang dokter di lingkungan RSUD Datu Beru serta anggota Pengurus aktif DPD KNPI kabupaten Aceh Tengah. 
(HMA/Humas)