Rangkaian Peringatan HPSN 2020 di Takengon

82

Takengon – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 digelar di halaman Kantor Bupati Aceh Tengah, Jumat, 21/02. Kegiatan ini digelar secara sederhana namun khidmat yang dipimpin langsung Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar dan diikuti ratusan peserta dan relawan antara lain dari Komunitas Gayo Peduli Kemanusiaan (KGPK), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Komunitas Lingkungan Hidup Gayo (KLHG).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan Polres Aceh Tengah, Perwakilan Kodim 0106, perwakilan RRI, Ormas dan OKP serta para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan aksi turun ke jalan membersihkan wajah Pasar Paya Ilang Takengon, yang diawali dengan bersih-bersih di sepanjang Jalan Lembaga, Blang Kolak II.

Menurut salah seorang koordinator acara, Ermawati, beberapa rangkaian peringatan HPSN 2020 telah dilaksanakan diantaranya sosialisasi dan kampanye peduli sampah, silaturrahmi dan refreshing dengan pasukan orange, terakhir adalah Bakti Sosial Peduli sampah yang saat ini dilaksanakan dengan melibatkan peserta dan relawan yang berjumlah lebih dari 200 orang.

Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, dalam kesempatan yang sama menyampaikan penanganan masalah sampah merupakan hal yang sangat kompleks mulai dari mengubah pola pikir masyatakat dari kebiasaan buang sampah menjadi letakkan sampah pada tempatnya, memberikan pemahaman masyarakat akan penanganan sampah, kondisi TPA yang masih perlu perhatian khusus, baik itu ketersediaan lahan yang hanya 2 hektar, sampah yang belum bisa di olah secara maksimal, dan kondisi ini bukan hanya di daerah kita saja, tetapi hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahkan telah menjadi isu global di seluruh dunia.

”Mari kita tumbuhkan rasa peduli terhadap persoalan sampah ini dengan lebih serius, kemudian mohon kepada ibu-ibu pasukan orange petugas kebersihan tetap istiqomah dalam bertugas, dan untuk adik-adik penggiat lingkungan teruslah konsisten dan fokus terhadap persoalan sampah,” ajak Shabela.

Lebih lanjut, Shabela ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh penggiat, peserta dan relawan yang telah mengikuti acara ini sebagai bentuk partisipasinya dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 ini. (HMA/Humas)