Rencanakan Program 2020, Aceh Tengah mulai Musrenbang Kecamatan

15

Takengon- Untuk merencanakan Program dan kegiatan pembangunan tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mulai menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Dipusatkan di Kecamatan Atu Lintang, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar membuka pelaksanaan Musrenbang yang turut dihadiri oleh organisasi Perangkat Daerah, anggota DPRK wilayah pemilihan setempat dan utusan kecamatan, Sabtu (16/02).

Kepala Bappeda Amir Hamzah, menyebutkan pelaksanaan Musrenbang kali ini berdasar pada Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah.

“Dengan ketentuan tersebut, maka Musrenbang Kecamatan langsung dikoordinir oleh Camat,” ungkap Amir, disela pembukaan Musrenbang.

Setelah di Atu Lintang, Musrenbang Kecamatan akan terus dilanjutkan secara Marathon diseluruh kecamatan hingga ditutup pada tanggal 28 Februari 2019 di Kecamatan Celala.

Setelah pelaksanaan Musrenbang Kecamatan rampung, seterusnya dilanjutkan dengan Musrenbang Kabupaten yang akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Maret 2019.

Dihadapan peserta Musrenbang, Bupati Shabela menekankan pentingnya semua pihak terkait untuk ikut bermusyawarah.

“Musrenbang Kecamatan punya peran strategis untuk menentukan program prioritas di tingkat Kecamatan, karena itu semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi aktif,” ujarnya.

Shabela turut menegaskan agar tahapan Musrenbang dapat dilaksanakan tepat waktu sesuai ketentuan tahapan perencanaan daerah.(MK)