Ribuan Siswa SD dan MIN/S, Sikat Gigi Bersama di Lapangan Setdakab Aceh Tengah

336

Takengon – Setidaknya diramaikan 1028 siswa kelas 1 hingga kelas 3, dari SD dan MIN/S di Kabupaten Aceh Tengah ikut semarakkan penyelengaraan Sikat gigi bersama dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN), di Kabupaten Aceh Tengah, yang berlangsung di lapangan Setdakab Aceh Tengah, Senin (12/09/2022).

Ditandai dengan pelepasan Balon ke udara oleh Bupati Aceh Tengah yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si, yang tampak didampingi oleh Wakapolres Aceh Tengah, Kasdim 0106 Aceh Tengah, Kepala Kemenag Aceh Tengah, dan Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, resmi dibukanya Sikat gigi bersama dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN), di Kabupaten Aceh Tengah, Tahun 2022.

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, dalam peraturan menteri kesehatan nomor 89 tahun 2015, dinyatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demikian disampaikan Sekda Subhandhy pada acara yang berlangsung atas inisiasi dan kerjasama dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Aceh Tengah dan Dinas Kesehatan Aceh Tengah tersebut.

“Fakta ini belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat, di kehidupan masyarakat kita umumnya lebih memprioritaskan kesehatan fisik dan mental, padahal kesehatan gigi dan mulut pun perlu untuk kita jaga, gangguan kesehatan gigi dan mulut dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius”.Ungkapnya.

Melalui peringatan hari kesehatan gigi dan mulut nasional tahun 2022 ini, Pemerintah mengusung tema “pulih bersama dengan senyum sehat indonesia” diharapkan dapat menggairahkan kembali semangat dalam melakukan perawatan gigi dan mulut agar Indonesia dapat tersenyum lebih sehat.

“Perubahan gaya hidup dan perkembangan makanan dan jajanan untuk anak mewarnai munculnya gangguan kesehatan gigi terutama pada anak. Anak terkadang kelupaan untuk gosok gigi, didukung pula makan jajanan yang dapat merusak gigi sehingga beberapa anak-anak kita mengalami gangguan kesehatan gigi”, Imbuh Sekda Subhandhy.

Selanjutanya kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan Masyarakat Indonesia, ujarnya lebih lanjut di hadapan para siswa dari 8 SD dan MIN/S yang tampah memenuhi lapangan Setdakab Aceh Tengah.

Sebelum mengakhiri sambutanya Sekda menyampaikan, sekali lagi kami tegaskan pembangunan di bidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah di sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama adalah peran serta masyarakatnya.

“Demikian yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan pada kesempatan ini Allah SWT senantiasa meridhoi segala upaya kita untuk membangun daerah tercinta ini, sekali lagi kami ucapkan selamat memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional tahun 2022”, Pungkas Sekda Subhandhy menutup sambutan tertulis Bupati Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X