Sebanyak 215 Murid SDN 1 Lut Tawar Terima Kartu Identitas Anak

92

Takengon – Sebanyak 215 murid SD Negeri 1 Lut Tawar menerima Kartu Identitas Anak (KIA).

Momen bahagia penyerahan KIA langsung dilakukan oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tengah, Purnamawati, Kamis (03/10/2019).

Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal menyebutkan KIA yang telah diserahkan tersebut berikutnya menjadi identitas resmi dan bukti diri anak sampai dengan usia 17 tahun.

KIA yang diterbitkan juga sebagai upaya untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.

“Anak penting memiliki KIA karena kedepan KIA akan terhubung dengan berbagai layanan publik,” ungkapnya.

Mustafa mengharapkan peran orang tua, Kepala Sekolah atau guru untuk turut berperan mengurus KIA.

“Karena kita punya keterbatasan sumberdaya untuk menjangkau seluruh anak, sehingga diperlukan partisipasi orang tua dan pihak sekolah untuk bisa mengurus secara kolektif,” imbuhnya.

Jumlah wajib KIA Aceh Tengah diperkirakan mencapai 72 ribu anak, dan sejak diluncurkan oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar pada 5 Agustus 2019 lalu pihak Disdukcapil Aceh Tengah terus bergerak memperbesar jumlah cakupan kepemilikan KIA yang saat ini sudah mencapai 3000 kartu.

Kepala SDN 1 Lut Tawar, Hidayah merespon positif upaya yang dilakukan oleh Disdukcapil Aceh Tengah dalam memfalitasi pengurusan KIA acara kolektif.

“Tentu kami berterima kasih, walaupun belum seluruh murid menerima KIA, karena terlambatnya proses pengumpulan berkas, masih ada 127 KIA lagi yang dalam pengurusan,” sebutnya yang akan berupaya agar seluruh muridnya segera memiliki KIA.