Sekda Subhandhy Dampingi Taqwallah Dalam Kegiatan Sosialisasi Manfaat Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga Dayah di Aceh Tengah

40

Takengon – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy AP., M.Si mendampingi Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, dalam pekan kunjungan kerja Pemerintah Aceh ke kabupaten/kota dalam rangka Sosialisasi Manfaat Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga Dayah, Rabu (06/10) di Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Ummi Pendopo tersebut, tampak dihadiri pimpinan pondok pesantren/ dayah dan sejumlah Tengku Guru tokoh agama di kabupaten penghasil kopi arabica terbaik didunia itu.

Dalam sambutannya, Sekda Aceh menyebutkan bahwa maksud dan tujuan pihaknya melakukan kunjungan kerja adalah dalam rangka mensosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19 kepada Pimpinan dan warga Pesantren/ Dayah di seluruh Aceh termasuk Aceh Tengah.

Disampaikannya bahwa dengan adanya vaksinasi akan mempercepat peningkatan imunitas tubuh dan menumbuhkan terjadinya kekebalan kelompok, sehingga ancaman penularan virus Covid-19 dapat ditangani.

“Melalui vaksinasi, daya tahan tubuh terhadap serangan suatu virus akan meningkat. Sehingga jika ada virus yang masuk kedalam tubuh, ada yang melawannya yaitu cairan vaksin yang pernah disuntikan dalam tubuh kita,” terang Taqwallah.

Hal ini ujar Taqwallah, banyak yang kurang difahami oleh masyarakat, sehingga perlu terus diingatkan agar pengetahuan tentang vaksinasi ini dapat diketahui dengan baik oleh masyarakat.

“Jadi ini perlu juga diketahui oleh warga dayah/ pesantren agar kegiatan vaksinasi kepada para santrinya mendapat dukungan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan imunitas lingkungan dayah,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekda Aceh Tengah Subhandhy yang menyambut dan mendampingi kunjungan kerja Sekda Aceh itu mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosialisasi dan pemantauan yang dilakukan Pemerintah Aceh tersebut.

Sosialisasi dan pemantauan pelaksanaan vaksinasi bagi warga dayah ini menurut Sekda Subhandhy merupakan suatu hal yang sangat penting, dalam rangka mewujudkan kekebalan kelompok bagi santri, sehingga pada akhirnya mencegah penularan virus Covid-19 dilingkungan dayah/ pesantren.

Pihaknya berkomitmen akan memberikan dukungan sepenuhnya atas program-program maupun langkah-langkah strategis yang dilakukan pemerintah atasan dalam rangka menurunkan angka penularan dan angka kesakitan akibat virus Covid-19 tersebut.

“Terima kasih kepada Sekda Aceh yang telah memberikan diseminasi terhadap perubahan pola pikir masyarakat agar mau mengikuti program vaksinasi dalam rangka membentuk kekebalan individu dan kelompok, terutama bagi warga dayah,” ujar Subhandhy.

“Untuk mewujudkan itu, kami akan mendukung kegiatan ini hingga tuntas.” Tutupnya.

Usai pelaksanaan sosialisasi, Sekda Aceh dan rombongan menyempatkan diri melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi bagi kalangan santri dan warga dayah yang dipusatkan di Pesantren Al-Azhar, Pejeget Pegasing.

Pagi sebelumnya, Sekda Aceh juga mengikuti rangkaian kegiatan zikir bersama Siswa SMA Negeri 4 Takengon. (IMH/ProkopimAT)