Sekda Subhandhy Kunjungi Wilayah Terkena Dampak Banjir di Kecamatan Bintang

43

Takengon – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP., M.Si bersama rombongan berkunjung ke wilayah terkena banjir di Kecamatan Bintang atau tepatnya pada Kampung Linung Bulen I, Sabtu (05/06) sore.

Curah hujan yang tinggi terjadi dalam beberapa hari terakhir, disinyalir mengakibatkan meluapnya salah satu anak sungai (alur) di wilayah tersebut.

Menurut warga sekitar, selain curah hujan yang tinggi, keadaan anak sungai yang dangkal juga menjadi penyebab terjadinya luapan air yang berhilir menuju Danau Lut Tawar tersebut.

Sekda Subhandhy yang hadir didampingi Kalak BPBD dan Sekretaris Dinas PUPR serta salah seorang anggota DPRK Kabupaten Aceh Tengah itu mengatakan bahwa pemerintah secepatnya akan memfasilitasi penanganan masalah banjir ini agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Kita akan upayakan agar kejadian seperti ini jangan lagi terjadi, apalagi berulang-ulang,” kata Sekda dilokasi peninjauan.

“Tanah-tanah terutama tumpukan sampah yang terendap di aliran sungai yang menjadi penyebab banjir ini harus segera kita tangani,” sambungnya.

Pada kesempatan itu Sekda menginstruksikan pada dinas terkait untuk selalu tanggap dalam hal apapun khususnya seperti musibah banjir kali ini yang harus secepatnya mendapat penanganan secara intens.

Disamping itu juga dia terus mengajak masyarakat untuk bersama-sama memelihara lingkungan, agar tidak membuang sampah pada aliran-aliran air, karena endapan (pendangkalan) itu sangat cepat terbentuk yang juga berdampak pada kerusakan lingkungan.

Dalam peninjauan tersebut, tampak luapan dan aliran air sudah kembali normal, dan beberapa warga terlihat masih beraktifitas membersihkan perabot dan lingkungan rumah yang sempat menggenangi sebagian rumah warga sekitar. (MLN/Humas)