Sekda Subhandhy Pimpin Patroli SAR Khusus Siaga Persiapan Lebaran

55

Takengon – Menghadapi libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah diprediksi peningkatan kunjungan wisata di wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Mengingat destinasi wisata di Kota berhawa sejuk saat ini masih menjadi primadona bagi kalangan masyarakat Aceh.

Untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah memimpin patroli khusus siaga persiapan lebaran bersama Badan SAR Nasional dalam menghadapi meningkatnya kunjungan wisata di Aceh Tengah.

“Dalam mengantisipasi puncak hari libur lebaran untuk para pemudik dan menghadapi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke Aceh Tengah, kita telah melakukan persiapan pos pengaman dari SAR Aceh Tengah. Ini perlu untuk keamanan dan kenyamanan bagi pemudik dan pengunjung wisata”, ucap Sekda Subhandhy setelah memimpin patroli khusus siaga persiapan lebaran tahun 2024 di Dermaga Toweren, Minggu (07/04/2024).

Menurutnya, keberadaan Kantor pencarian dan pertolongan atau Basarnas Aceh Tengah sangat vital dan penting dalam memberikan pertolongan, melihat Aceh tengah merupakan salah satu daerah di Provinsi Aceh yang rawan terhadap bencana. 

“Basarnas di Kabupaten Aceh Tengah ini keberandaanya diharapkan sekali oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah itu terbukti dengan tahun 2019 kita mengusulkan untuk berdiri pos SAR dan ini disikapi oleh pemerintah pusat”, ujar Sekda Subhandhy.

Ia menambahkan, Basarnas yang baru saja berpindah Pos dari Dermaga Al Fitrah Kampung Keramat Mupakat ke Dermaga Toweren Kecamatan Lut Tawar mengingat Dermaga Al Fitrah Akan dipergunakan untuk venue PON Aceh- Sumut tahun 2024 cabang olahraga triathlon.

“Pos Basarnas kini berada di dermaga Kampung Toweren, pemindahan ini tidak mengurangi fungsi dari Basarnas dan akan mendukung menyukseskan PON 2024. Basarnas juga telah dilengkapi peralatan, baru tiba Sea Rider dan ini akan sangat membantu sekali pengamanan di Danau Laut Tawar yang kita tahu sebagai tujuan wisata”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pos Basarnas Aceh Tengah Bustami mengapresiasi Pemkab Aceh Tengah yang telah menfasilitasi dan mendukung keberadaan Basarnas. Dan Basarnas siap membantu pengamanan pelaksanaan kesiapan siaga khusus lebaran tahun 2024 di wilayah Aceh Tengah.

“Terimakasih atas dukungan Pemkab Aceh Tengah selama ini mendukung kinerja kita. Untuk pengamanan hari libur lebaran kita kerahkan personil untuk kesiapsiagaan sebagai antisipasi segala kemungkinan yang terjadi selama libur lebaran”, sebut Bustami.

Turut hadir mendamping Sekda Subhandhy, Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Ir. Andalika, ST, dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Tengah, Rahmat Hidayat, S.STP, M.Si yang sempat langsung menguji coba dan menjajal Sea Rider berupa Rigid Inflatable Boat (RIB) SAR mengelilingi Danau Laut Tawar. (RH/ProkopimAT)

X