Semoga Nirwasita Tantra 2022, Penghargaan Green Leadership Pemerintah Daerah Hadir Di Aceh Tengah

325

Takengon – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan lingkungan hidup, dan kehutanan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan penggabungan antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan.

Pada tiap tahun nya KLHK Republik Indonesia memberikan Anugerah Nirwasita Tantra kepada Kepala daerah, Ketua DPRD dan pemerintah daerah untuk berbagai kategori.

Kabupaten Aceh Tengah untuk tahun 2022 menjadi salah satu daerah yang menjadi nominasi penerima penghargaan Anugerah Nirwasita Tantra kategori Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodelogi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Dimana anugerah penghargaan tersebut terkait upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum.

Alhamdulillah Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kabupaten Aceh Tengah yang memberikan gambaran kondisi lingkungan hidup serta informasi faktual tentang kondisi kualitas lingkungan hidup Kabupaten Aceh Tengah dan juga berisi data dan informasi mengenai kondisi lingkungan hidup dan berbagai upaya yang telah dilakukan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup telah rampung dan telah di sampaikan pada KLHK Republik Indonesia, Selasa (04/10/2022).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar, dalam vidio pendek nya yang turut di ambil sebagai salah satu syarat mengajuan Anugerah Nirwasita Tantra, di Pendopo Aceh Tengah beberapa waktu yang lalu menyampaikan apresiasi atas selesainya dokumen tersebut.

“Assalamu’alaikum wr. Wb, Saya Drs. Shabela Abubakar, Bupati Aceh Tengah, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyampaikan apresiasi atas telah selesainya Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kabupaten Aceh Tengah tahun 2021”, Ujar Bupati.

“Sebagai bentuk dukungan program Kepala Daerah bidang Lingkungan Hidup di Kabupaten Aceh Tengah, kami telah mengalokasikan dana sebesar Satu milyar dua ratus dua puluh tujuh juta sembilan ratus delapan puluh dua ribu tujuh ratus rupiah (1.227.982.700)”, Lanjutnya.

“Sebagai gambaran, dapat kami sampaikan Kabupaten Aceh Tengah adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia, dengan kota Takengon sebagai Ibukota Wilayah Kabupaten nya, memiliki luas kewilayahan sekitar 4.318,39 kilometer persegi, berada pada ketinggian 1300-1800 MDPL dengan jarak sekitar 316 kilometer dari Ibukota Provinsi yaitu Banda Aceh”, Terang Bupati Shabela Abubakar.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, bahwa Aceh Tengah, terletak di punggung pegunungan bukit barisan, berhawa sejuk dengan suhu rata-rata berkisar antara 16 sampai 23 derajat celcius, saat ini Kabupaten Aceh Tengah telah merumuskan isu prioritas lingkungan hidup daerah, diataranya, Pengelolaan sampah, Strategi terkait perubahan iklim dan alih fungsi lahan, Pengelolaan sistem drainase dan limbah cair kawasan perkotaan dan juga Pengelolaan danau Lut Tawar.

“Selain itu Kabupaten Aceh Tengah telah membuat beberapa inovasi terkait pengelolaan lingkungan hidup, di antaranya di bidang kelembagaan, pencegahan potensi iklim melalui program kampung iklim, pengelolaan lingkungan hidup di bidang persampahan, pengelolaan danau lut tawar, produk hukum, kearifan lokal serta penganugerahan penghargaan di bidang lingkungan hidup kepada Masyarakat”, Imbuh nya.

“Demikian informasi kinerja pengelolaan hidup Kabupaten Aceh Tengah, semoga Allah SWT, memberkahi upaya kita semua, Amin ya rabbal alamin, Berijin, terima kasih, Wassalamualaikum”, Pungkas Bupati Shabela Abubakar menutup vidio testimoninya tersebut.

Penghargaan Nirwasita Tantra yang diterima sepatutnya bukan hanya menjadi kebanggaan bagi kepala daerah, ketua DPRK maupun Pemerintah Daerah saja, namun juga mencerminkan komitmen Pemerintah untuk terus mengawal isu-isu lingkungan yang muncul di Daerah, Mari do’akan bersama, Semoga Nirwasita Tantra 2022, Penghargaan Green Leadership Pemerintah Daerah Hadir Di Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X