Sepanjang tahun 2019 Dinas Dukcapil Aceh Tengah Cetak 20.834 Kartu Keluarga

94

Takengon – Sepanjang tahun 2019, Dinas Dukcapil Aceh Tengah telah mencetak 20.834 dokumen Kartu Keluarga (KK). Jumlah tersebut menurut Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal melebihi target yang yang telah direncanakan.

“Untuk tahun 2019 kita hanya mengadakan sebanyak 18 ribu blanko Kartu Keluarga, dan pada bulan oktober lalu blanko sudah habis,” ungkap Mustafa.

Namun, agar pelayanan tetap berjalan pihaknya sudah mengantisipasi dengan memesan tambahan 3 ribu blanko yang pembiayaannya dibebankan pada tahun 2020.

Kebutuhan blanko KK yang melebihi target menunjukkan aktifitas kependudukan yang semakin bertambah, seperti jumlah kelahiran, perkawinan, pindah dan datang penduduk yang seluruhnya membutuhkan dokumen KK baru.

Melihat tren tersebut, untuk tahun 2020 Dinas Dukcapil Aceh Tengah telah menargetkan ketersediaan 22 ribu blangko KK agar pelayanan tidak mengalami kendala.

Namun demikian, Mustafa menilai target tersebut juga akan terlewati seiring dengan rencana peningkatan pelayanan keliling Dinas Dukcapil di tahun 2020.

“Memang ada rencana peningkatan pelayanan di tahun 2020, terutama pelayanan keliling yang tentu akan berpengaruh dengan jumlah blanko yang sudah ditargetkan,” demikian Mustafa. (*)