Shabela Kembali Lantik 2 Orang Reje Di Kabupaten Aceh Tengah

84

Takegon – Setelah dihari sebelumnya Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar melantik Reje Kampung (Kepala Desa) Bebesen pada Rabu (31/03), hari ini Bupati kembali melantik 2 orang reje yaitu Reje Asir-Asir Asia Kecamatan Lut Tawar dan Reje Simpang Empat Kecamatan Bebesen, Kamis (01/04).

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Tengah menyampaikan bahwa pelantikan Reje adalah bentuk keberlanjutan pemerintah kampung.

Selanjutnya Bupati meminta anggota masyarakat untuk kembali bersatu setelah sebelumnya terpecah dalam mendukung masing-masing kandidat.

“Harapan kami setelah sebelumnya anggota masyarakat pada masa pemilihan Reje terbagi dalam mendukung masing-masing kandidat, mudah-mudahan saat ini telah bersatu kembali untuk bersama-sama Reje terpilih melanjutkan penyelenggaraan pemerintahan di kampung” pinta Shabela.

Lebih lanjut, Shabela menjelaskan, dengan diberlakukannya undang-undang pemerintahan Aceh sekarang ini, maka semakin terbuka kesempatan bagi kita untuk kembali ke jati diri yang berakar pada adat dan budaya Gayo, yang kental dengan tata nilai dan norma, yang terbingkai dengan nuansa agama yang Islami.

“Bahwa sistem pemerintahan di Tanoh Gayo ini, memiliki nilai luhur dan filosofi sakral, dimana Reje si musuket sipet, Imem si muperlu sunet, Petue si musidik sasat dan Rakyat Genap Mupakat. Kesemua ini terbingkai dalam wadah sarak opat” ujarnya.

“Untuk itu, betapapun berat dan sulitnya halangan ke depan, harus dihadapi dengan arif dan bijaksana” sambungnya.

Shabela juga mengingatkan Reje yang baru dilantik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan transparan dalam pengelolaan dana kampung yang sesuai dengan kebutuhan kampung dan masyarakat.

Menutup sambutannya Bupati mengucapkan selamat kepada Reje yang dilantik, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Reje periode sebelumnya yang telah bekerja keras mengayomi masyarakatnya.

Untuk diketahui, Bupati melakukan pelantikan kedua Reje terpilih di dua tempat terpisah.

Syarif Tarigan sebagai Reje Asir-Asir Asia dilantik di kampung setempat pada pagi hari. Syarif melanjutkan jabatannya sebagai Reje setelah berhasil unggul kembali pada pemilihan yang dilangsungkan tanggal 30 Desember 2020.

Sementara itu pada siang harinya di Mesjid Ar-Rahman, Bupati juga melantik Hasbi. Ab menjadi Reje Simpang Empat periode 2021-2027 yang memenangi pemilihan Reje yg diselenggarakan pada 12 Desember 2020 menggantikan Hasanuddin. (KS/Humas)