Staf Ahli Ekonomi Resmikan Posko Pangan Warung Ibu Jingga

237

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan M. Thamrin Elashri Mohd. Ali, SE, M.A.P, meresmikan Warung Ibu Jingga yang ditransformasikan menjadi posko pangan,di Jalan Paya Ilang Kampung Kebet Kecamatan Bebesen, Jum’at (08/09/2023).

Peresmian ini merupakan tindak lanjut dari program 100.000 Posko Pangan kerjasama dari Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI), Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) dengan Kadin Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Tertulis dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah bahwa, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan peresmian Warung Ibu Jingga yang ditransformasikan menjadi posko pangan sebagai tindak lanjut program 100.000 posko pangan.

“selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan seperti ini, semoga dengan diresmikan posko pangan ini dapat mensejahterakan pemilik warung dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau,” ungkap Thamrin.

Ia melanjutkan, walaupun kegiatan ini merupakan program dari pemerintah pusat, akan tetapi kedepannya agar dapat dikembangkan dan dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat.

Posko Pangan tersebut, ialah warung yang akan menjual sembako dengan harga relatif murah dari pada harga pasaran, tentunya kehadiran posko pangan yang menjual berbagai paket sembako murah ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki penghasilan menengah kebawah.

“selain itu juga, posko pangan ini dapat membantu mengendalikan inflasi maupun kelangkaan bahan pokok, dan memudahkan menjangkau bahan pokok di Kabupaten Aceh Tengah,” kata Thamrin.

“sehingga dengan hadirnya posko pangan ini, diharapkan dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, serta mengendalikan inflasi dan pengerasan kemiskinan,” tambahnya.

Karena dari itu, di dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah menghimbau agar menyebarluaskan keberadaan posko pangan ini kepada masyarakat luas, agar dapat di manfaatkan sebaik mungkin dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“untuk itu kita harus memberitahukan kepada masyarakat mengenai posko pangan ini, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan dapat memanfaatkan posko pangan ini dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

“semoga posko pangan ini segera tersebar diseluruh Kecamatan maupun desa-desa yang ada di Aceh Tengah agar semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.” tutup Thamrin dalam sambutan tertulis Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Sebelumnya, dalam sambutan Koordinator Juliani menyampaikan bahwa, pada hari ini dilakukan peresmian 100.000 Posko Pangan yang dilakukan secara serentak di Indonesia secara virtual, dan pada Kabupaten Aceh Tengah dilakukan peresmian Posko Pangan secara seremonial bertempat di Warung Ibu Jingga.

Jualiani melanjutkan, Posko Pangan ini, memiliki tujuan salah satunya untuk menuntaskan angka kemiskinin, dan pada saat ini Kabupaten Aceh Tengah telah memiliki dua Posko Pangan dan sudah melakukan pengrekrutan pada 5 Kecamatan di Aceh Tengah antara lain Kecamatan Lut Tawar, Pegasing, Bebesen, Bies, dan Kebayakan, serta diharapkan keberadaan Posko Pangan ini dapat menjamur pada setiap Kecamatan di Aceh Tengah. (AS/ProkopimAT)

X