Taman Masjid Ruhama Takengon Akan Diperindah

36

Takengon – Halaman Masjid Ruhama yang terletak di Pusat Kota Takengon akan dipercantik. Jum’at, (24/04/2020) Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra turut meninjau lokasi taman di halaman Masjid Ruhama Takengon.

Rencananya Pengelolaan Taman bunga akan dilaksanakan oleh Sekolah yang berada di kecamatan Lut Tawar tepatnya sekolah di seputaran Masjid Ruhamah Takengon.

Penanaman bunga akan dilaksanakan oleh masing-masing Kepala sekolah, Guru dan siswa/i dari SMP N 1 Takengon, SMP N 2 Takengon, SMP N 4 Takengon, SD N 1 Lut Tawar, SD N 8 dan SD N 9 Lut tawar.

“Sekolah diseputaran Masjid Ruhama akan mengelola, menanam dan merawat bunga dan taman di halaman masjid, nanti setiap lahan yang tersedia akan ditanami bunga dengan warna dan jenis yang sama agar terlihat apik dan seragam” ujar ketua Kelompok Kerja Kepala sekolah (K3S) kecamatan Lut Tawar, Hidayah.

Sementara itu Bupati Aceh Tengah mengatakan, dirinya mengapresiasi rencana penanaman bunga tersebut, silahkan bagikan tugas untuk setiap Sekolah serta seterusnya bertanggung jawab atas tanaman bunga dengan berbagai macam warna, yang akan ditanam sepanjang blok-blok sesuai dengan lokasi yang tersedia.

“Setiap Sekolah nanti lokasinya dibagi perblok, untuk memudahkan pengelolaan baik penanaman hingga perawatan menjadi tanggung jawab sekolah tersebut dan bunga yang ditanam harus sejenis dan satu warna agar rapi dan senada” jelas Shabela.

Diketahui, tanaman bunga dengan berbagai varian dan jenis dapat dijadikan pilihan tanaman penghias taman masjid, karena dinilai cocok dan sesuai dengan kondisi cuaca daerah Takengon yang dikenal subur serta berhawa sejuk tersebut. 

“Agar tidak sia-sia, untuk sekolah yang menanam diminta agar berkelanjutan menjaga dan merawat bunganya. Saya ingin lingkungan seputaran masjid raya Ruhama ini lebih indah, nyaman dan tertata rapi” tambahnya lagi.

Masjid yang dikelola Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah ini terus berbenah menjadi salah satu ikon wisata relegi Aceh Tengah. Tak sedikit pula wisatawan berkunjung ke masjid ini, semoga kedepannya, perpaduan antara kenyamanan fasilitas ibadah dengan keasrian taman bunga dan pemandangan alam Kota Takengon yang indah kelak menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Selain mengusung konsep taman bunga sebagai penambah keasrian lingkungan masjid, hadirnya taman bunga ini juga akan dipadukan dengan konsep wisata relegi. Menambah fasilitas ruang terbuka publik mendukung Takengon sebagai daerah kunjungan wisata.

Sebelumnya Bupati Aceh Tengah menyatakan, pengelolaan taman dihalaman masjid melibatkan OPD terkait, namun partisipasi masyarakat juga sangat dianjurkan. Pemerintah juga memperkenankan pemanfaatan lahan sekitar masjid untuk dimaksimalkan sebagai lahan terbuka hijau.

“Kita sangat mendukung adanya pengelolaan taman masjid oleh sekolah-sekolah tersebut, yang kemudian nantinya berpotensi mendukung wisata religi. Silakan digunakan lahan yang tersedia untuk penanaman bunga dan areal penghijauan, sehingga bisa memperindah lingkungan masjid” tutup Shabela. (HMA/Humas)