Tarawih Pertama, Pj. Bupati Mirzuan : Jaga Kesucian Bulan Ramadhan Dengan Memupuk Persaudaraan dan Menjaga Keharmonisan Sesama

100

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, melaksanakan ibadah shalat tarawih pada malam pertama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah Tahun 2024 di Masjid Agung Ruhama Takengon, Minggu (11/03/2024) malam.

Di tengah padatnya jama’ah shalat tarawih yang didominasi oleh masyarakat Aceh Tengah, Pj. Bupati T. Mirzuan berkesempatan untuk menyampaikan sambutannya, Dia mengajak segenap masyarakat untuk menjaga nilai-nilai relegius dan memelihara kesucian bulan Ramadhan dengan terus meningakatkan keimanan, persaudaraan, rukun, damai dan menghargai sesama.

“Mari memilihara nilai-nilai religius ramadhan senantiasa menyatu dalam adat dan budaya serta menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan memupuk persaudaraan dan menjaga keharmonisan sesama”, Ucap T. Mirzuan.

Lanjut T. Mirzuan, puasa dalam satu bulan, dapat membawa dampak positif berupa solidaritas dan kepedulian antar saudara, rasa kemanusian yang dalam atas penderitaan sesama manusia.

“Oleh karenanya puasa bukan sekedar kewajiban tahunan, dengan menahan lapar, namun puasa lebih pada kewajiban yang mampu menggugah moral, ahklak, dan kepedulian sosial terutama kehidupan bermasyarakat”, tuturnya.

Ia menjelaskan, Bulan Ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lainnya, banyak keistimewaan seperti terdapat malam seribu bulan, bulan diturunkannya kita suci Al-Quran, bulan dikabulkan doa-doa, setiap amal kan dilipat gandakan nilainya dan bulan yang penuh dengan berkah.

“Tak hanya hal tersebut, suasana Ramadhan menjadi berbeda dikala masjid menjadi riuh dan ramai serta jalanan dipenuhi para pedagang yang menjajakan makan berbuka puasa, keindahan ini pastinya jarang ditemukan di waktu lain”, kata Pj. Bupati T. Mirzuan yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Majelis Pendidikan Provinsi Aceh.

Tarawih pertama Pj. Bupati T. Mirzuan dengan masyarakat ini dihadiri pula Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, Sekretaris Daerah Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Sebelum menutup sambutannya, dihadapan seluruh jamaah yang memadati Mesjid Agung Ruhama Takengon, Pj. Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1445 H kepada segenap masyarakat Aceh Tengah, semoga kita semua mampu menempa diri dan menjadi insan yang bertaqwa dan bermanfaat bagi sesama. (RH/ProkopimAT)

X