“Tekan Angka Inflasi Butuh Kerjasama Semua Pihak” Ungkap Pj. Bupati Aceh Tengah

209

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tenga, Ir. Teuku Mirzuan MT. didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah (Sekda Aceh Tengah) Subhandhy, AP, M.Si bersama OPD terkait lainya menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi di Daerah tahun 2023 secara virtual di Ruang Vidcon, Command Center Setdakab Aceh Tengah, Senin (9/1/2023).

Dalam Rakor yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., dari Gedung Sasana Bhakti Praja. Jl. Medan Merdeka Utara, No.7, Daerah Khusus Ibukota Jakarta itu, memberikan beberapa arahan terkait pengendalian inflasi seperti, perlunya langkah antisipasi imbas kenaikan harga bahan pangan pada awal tahun 2023 ini, yang diakibatkan naiknya permintaan.

“Dikarenakan tingginya permintaan komoditas bahan pangan, Kami mengharapkan untuk seluruh Pemda membuat inovasi, terobosan, atau ide-ide baru guna mengatasi inflasi pada daerah masing-masing,” Harapnya.

Ia juga mengingatkan bahwa saat ini dimana di beberapa daerah masih dilanda musim penghujan yang cukup ekstrim, sehingga disarankan agar Pemda dapat memanfaatkan aset daerah untuk mengantisipasi musim hujan, agar tidak menghambat proses produksi dan distribusi pangan.

Ia menegaskan, kebersamaan semua pihak diperlukan untuk mengatasi inflasi, jika mau dipahami penyebab inflasi, kita mampu mengatasinya dengan semaksimal mungkin, karena semua kegiatan yang dilakukan memiliki andil dalam menekan angka inflasi jelas Mendagri.

Sementara itu, secara terpisah, Ir. T. Mirzuan MT. usai mengikuti rakor Virtual tersebut mengatakan, untuk Kabupaten Aceh Tengah berbagai harga komoditas sementara terpantau stabil, pun ada kenaikan tertentu dikarenakan adanya peningkatan permintaan pasar.

lebih lanjut, Penjabat Bupati Aceh Tengah, menegaskan untuk menekan angka inflasi dibutuhkan kerja sama semua pihak secara bersama-sama, dengan penanganan cepat dan terintegrasi serta pendampingan sehingga kondisi di Aceh Tengah tetap stabil, Tegas Pj. Bupati Aceh Tengah.

“Upaya penanganan inflasi yang dilakukan Kabupaten Aceh Tengah antara lain, dengan gerakan menanam, sidak pasar, pasar murah, realisasi BTT, dukungan bantuan sosial dan transportasi, Kerjasama Antara Daerah, dalam hal ini antara lain dengan Kabupaten Bireun, Pidie Jaya, dan Aceh Timur, selain itu, dari Perum BULOG KCP Takengon telah menyalurkan beras medium melalui Program KPSH (ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga) ke toko-toko pengecer dan membuat gerai di Pasar Induk Paya Ilang Takengon Yang rutin dilakukan setiap bulannya”, Pungkas T. Mirzuan Pj. Bupati Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X