Tiga Sekolah Sehat Aceh Tengah Bersaing Ditingkat Provinsi

64

Takengon- Tiga Sekolah dinilai layak mewakili Kabupaten Aceh Tengah dalam lomba Sehat tingkat Provinsi.

Hal tersebut dikatakan perwakilan tim penilai Sekolah Sehat tingkat Provinsi, Khairan ketika bertemu dengan Sekretaris Daerah Aceh Tengah, Karimansyah, Jum’at (29/03) di ruang kerja Sekda.

“Ketiga sekolah ini sudah baik, walaupun ada beberapa cacatan yang harus dievaluasi,” ungkap Khairan bersama beberapa anggota tim usai meninjau ketiga sekolah.

Tiga sekolah itu adalah TK Simahate, SD Negeri 10 Lut Tawar dan SMP Negeri 10 Takengon.

Menurutnya, salah satu indikator penilaian adalah peran atau dukungan dari Pemerintah Daerah, selain partisipasi pihak sekolah.

“Jadi tidak perlu gedung yang mewah, sekolah dengan bangunan yang ada, bagaimana mengelolanya supaya tertib dan sehat, itu yang menjadi penilaian utama,” kata Khairan.

Karimansyah menanggapi penilaian yang dilakukan sebagai bentuk motivasi bagi sekolah agar merespon masukan yang diberikan oleh tim untuk perbaikan kedepan.

“Pemkab Aceh Tengah memberi perhatian serius terhadap sektor pendidikan, karena kemajuan daerah dan bangsa ini sangat ditentukan dengan kualitas mutu pendidikan,” ujarnya.

Keberadaan sekolah sehat diharapkan Karimansyah dapat semakin memotivasi sekolah yang lain untuk berbuat dan membenahi sekolahnya masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tengah, Uswatuddin mengatakan, selain tiga sekolah yang dinilai tersebut, untuk tingkat SMA sudah ditetapkan SMA Negeri 8 Takengon mewakili Aceh dalam lomba sekolah sehat tingkat Nasional.

“Untuk SMA 8 saat ini sedang bersiap menerima penilaian dari tim pusat, direncanakan pada bulan Mei nanti,” katanya.

Tahun lalu, sekolah asal daerah penghasil Kopi Arabika itu juga mewakili Aceh, bahkan mampu menembus nominasi Nasional yang diraih oleh SMK Negeri 1 Takengon.(MK)