Tiga Tahun Berturut, Pelayanan Disdukcapil Aceh Tengah Dinilai Sangat Baik oleh Kementerian PANRB

283

Takengon – Dinas Dukcapil Aceh Tengah kembali meraih predikat sebagai unit penyelenggara pelayanan publik kategori Sangat Baik (A-) tahun 2022 dari Kementerian PANRB. Hasil penilaian tersebut menjadi tiga tahun berturut, setelah pada tahun 2020 dan 2021 Disdukcapil juga berhasil meraih predikat yang sama.

Evaluasi terhadap pelayanan publik tersebut didasari keputusan Kementerian PANRB nomor 1035 tahun 2022 tentang hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah tahun 2022

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal merespon hasil evaluasi yang diberikan Kementerian PANRB. “Alhamdulillah, selama tiga tahun berturut Disdukcapil telah dinilai Sangat Baik oleh Kementerian PANRB,” ungkapnya, Sabtu (31/12/2022).

Penilaian tersebut menurut Mustafa menunjukkan upaya selama ini yang dilakukan oleh Disdukcapil memberikan pelayanan kepada masyarakat diapresiasi oleh Kementerian PANRB

Predikat pelayanan publik yang diraih oleh Dinas Dukcapil Aceh Tengah dari tahun ke tahun menunjukkan tren yang terus meningkat, tahun 2017 dan 2018 masih bertengger di kategori Cukup, berikutnya tahun 2019 lalu mulai meningkat dengan predikat Baik, dan tahun 2020, 2021 dan 2022 menjadi Sangat Baik.

Upaya nyata yang telah dilakukan menurut Mustafa adalah pembenahan kantor dan sistem layanan. “Sejak tahun 2019 kantor mulai kita benahi, dengan ketersediaan front office, sistem antrian, ruang tunggu yang nyaman, fasilitas pojok baca, arena bermain anak, ruang pengaduan, hingga layanan prioritas untuk lansia, disabilitas, ibu hamil dan ibu menyusui,” katanya.

Bagitu juga dengan pembenahan sistem layanan Dinas Dukcapil mulai memberlakukan pendaftaran online melalui aplikasi atau website, dan berbagai inovasi lain seperti pelayanan di wilayah terpencil, perekaman KTP Elektronik pemula ke sekolah-sekolah SMA sederajat, dan pelayanan datangi rumah warga rentan yang sakit atau terdampak bencana alam.

Walaupun banyak upaya yang telah dilakukan, Mustafa menyadari pihaknya masih banyak kelemahan dan perlu terus meningkatkan kinerja agar pelayanan dapat dilakukan lebih maksimal dan mendapat predikat Pelayanan Prima.

“Tentu saja, capaian pelayanan publik kategori Sangat Baik yang kami raih selama tiga tahun ini adalah wujud komitmen pimpinan daerah, para mitra kerja serta buah kerja keras seluruh ASN dinas dukcapil dan dukungan segenap masyarakat yang terus memberi masukan serta kritik membangun untuk pembenahan layanan Adminduk yang lebih baik,” demikian Mustafa. (*)

X