Tim DRKA Asistensi Pengembangan Inovasi Disdukcapil Aceh Tengah

311

Takengon – Tim dari Dinas Registrasi dan Kependudukan Aceh (DRKA) melakukan asistensi atau pendampingan pengembangan berbagai inovasi yang dijalankan oleh Disdukcapil Aceh Tengah.

Asistensi yang dilakukan mulai dari bagaimana menggagas ide hingga penerapan inovasi sehingga memberi kemanfaatan bagi masyarakat sebagai user utama pelayanan Adminduk.

Kepala Bidang Kelembagaan DRKA, Mimi Novita yang memimpin tim asistensi mengatakan bahwa Dukcapil adalah gudangnya inovasi, berbagai kendala dan masalah yang dihadapi dalam pelayanan dapat menjadi ide dalam merumuskan satu inovasi.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Disdukcapil Aceh Tengah telah menunjukkan kemajuan luar biasa baik pelayanan yang dilengkapi sarana dan prasarana maupun inovasi yang sudah dikembangkan, namun tetap harus terus menggali inovasi yang lain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Mimi ketika mengunjungi kantor Diadukcapil Aceh Tengah, Jum’at (16/09/2022).

Hal penting lainnya, Mimi mengatakan dalam setiap inovasi yang dilakukan ada legalitas atau dasar hukum hingga dokumentasi yang memberi gambaran terhadap kegiatan maupun manfaat yang dirasakan oleh penerima layanan.

“Kita dari DRKA akan coba terus mendampingi setiap Disdukcapil di Aceh untuk mengembangkan inovasi atau mereplikasi inovasi yang sudah baik supaya bisa diterapkan di wilayah kerja masing-masing,” ucapnya.

Sementara Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengatakan sangat terbantu dengan pendampingan dari DRKA dalam mengevaluasi inovasi yang telah dilakukan pihaknya termasuk juga menggali ide-ide inovasi lain yang bisa dikembangkan.

“Pastinya kita butuh pendampingan seperti ini, sehingga dalam setiap inovasi yang kita lakukan mendapat masukan untuk perbaikan yang lebih baik, selain itu kita juga menerima saran dan kritik dari masyarakat,” demikian Mustafa. (*)

X