Tinjau Gudang Buffer Stock Bupati Pastikan Logistik Aman

73

Takengon – Meninjau langsung Gudang Buffer Stock Dinas Sosial Aceh Tengah, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar pastikan ketersediaan logistik bantuan PPKM Covid-19 memadai di Gudang Logistik Komplek Dinsos Aceh Tengah, pada Senin (09/08/2021).

Didampingi Kadis Sosial Aceh Tengah Aulia Putra, S.STP, M.Si, serta Kabid Pemberdayaan Sosial dan Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Aceh Tengah, Rahmad Hidayat, S,STP, M,Si. Bupati Shabela menyampaikan peninjauan tersebut bertujuan memastikan ketersediaan logistik apabila terjadi bencana maupun situasi kedaruratan lainnya.

PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 3, sangat berdampak bagi mereka yang menjalani isoman karena semua kegiatan dibatasi, sehingga tentu berdampak pada berkurangnya penghasilan.

Untuk memastikan ketersediaan logistik Buffer stock atau safety stock dapat juga dikatakan sebagai upaya persediaan cadangan diluar kebutuhan utama, Buffer stock atau safety stock harus dikendalikan dan harus dipastikan dikelola dengan baik.

“Kami memastikan stock bantuan makanan bagi masyarakat tetap tersedia, terkait situasi saat ini, dimana pemberlakuan PPKM level 3 tentu berdampak pada masyarakat, dan sebagai upaya antisipasi kurangnya stok pangan, apabila terjadi situasi bencana maupun kedaruratan lainnya”, terang Bupati Shabela.

Untuk diketahui, selain penyaluran bantuan berupa paket sembako dan beras, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Sosial juga telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Kepala Dinas Sosial Aceh Tengah Aulia Putra, menerangkan ketersediaan pengisian buffer stock tersebut merupakan bantuan dari pihak swasta, melalui BUMN dan BUMD yang akan disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

“Bantuan terus berdatangan untuk membantu ringankan beban masyarakat di masa Pandemi Covid-19 saat ini, dapat kami laporkan barang masuk penanganan bencana non alam Covid-19 PPKM Level-3, dari beberapa BUMN dan BUMD dalam Kabupaten Aceh Tengah”, ungkap Kadis Sosial.

“Bantuan yang diberikan berupa paket sembako dan juga Beras, sementara yang kami terima diantaranya dari, Proyek PLTA Peusangan I dan II, Bank Aceh, PT. PP PLTA Peusangan, PT. Jaya Media Internusa dan PT. Bank Syariah Indonesia”, jelasnya lebih lanjut.

Dipenghujung peninjauannya Bupati kembali mengingatkan, saat ini penyebaran covid-19 di Aceh Tengah masih mengalami peningkatan.

”Kita terus berharap tren penyebaran Covid-19 ini dapat segera menurun, dan angka kasus juga dapat berkurang, sehingga kita bisa segera terlepaskan dari Pandemi Covid-19,” ujar Bupati.

Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk terus mentaati protokol kesehatan (Prokes) di masa PPKM berskala level 3 saat ini, patuhi segala kebijakan maupun peraturan Pemerintah terkait penanganan Pandemi Covid-19 dan juga lindungi diri dan keluarga serta orang lain dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 5M pungkas Bupati Shabela. (HMA/ProkopimAT)