Tinjau Masyarakat Terdampak Banjir Bupati Shabela Pastikan Penanganan Maksimal

275

Takengon – Terdampak curah hujan deras yang mengguyur Takengon Aceh Tengah sejak pukul 15.00 WIB sore hingga malam hari kemarin, Sabtu 29 Oktober 2022, sebanyak 18 rumah warga di Kampung Lot Kala Kecamatan Kebayakan, dan Panti Asuhan Yayasan Kasih Sayang, Paya Tumpi, Aceh Tengah tergenang banjir.

“Dapat dilaporkan hingga saat ini yang terdata 18 rumah di Kampung Lot Kala tergenang banjir, serta satu panti asuhan di Paya Tumpi juga tergenang ikut terdampak,” Lapor Kalak BPBD Aceh Tengah, Andalika, Minggu Pagi (30/10/2022).

Tergenangnya air di panti asuhan itu, menyebabkan tiga ruang kelas belajar dan dua asrama putra tergenang lumpur. Selain itu, sampah terbawa aliran air turut menumpuk. Sehingga anak-anak panti terpaksa diungsikan ke balai-balai yang ada di panti tersebut, ungkapnya lebih lanjut.

Tanggap, Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, langsung menuju lokasi, Bupati di dampingi Kalak BPBD Aceh Tengah, Andalika dan Camat Kebayakan Nashrin S.Sos,.

Memulai penyusuran kerumah warga di Kampung Lot Kala Kebayakan, yang tergenang banjir, serta selanjutnya menuju Panti asuhan Kasih Sayang di kawasan Paya Tumpi yang juga masih dalam wilayah Kecamatan Kebayakan tersebut.

Bupati Shabela mengingatkan masyarakat setempat untuk tetap waspada, terlebih dengan kondisi cuaca di Kabupaten Aceh Tengah yang hingga saat ini masih terpantau akan diguyur hujan beberapa hari kedepan.

“Kami sudah melihat situasi dan kondisi lokasi yang cukup memprihatinkan, untuk tindakan selanjutnya kami perintahkan untuk membantu proses evakuasi dan membantu pasca banjir kemarin dengan penanganan secara maksimal,” Ujar Bupati Shabela.

Lebih lanjut, Bupati Shabela memerintahkan aparat BPBD dan aparat Kampung setempat yang dibantu oleh tim relawan untuk segera melakukan mitagasi kebencanaan.

“Tetap siaga, apabila sewaktu-waktu hujan kembali turun deras, masyarakat dapat segera kita evakuasi, dan jangan ada lagi banjir susulan, sehingga masyarakat dapat kembali melakukan aktifitas seperti semula,” Harap Bupati Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X