Upacara Bendera SMKN 1 Takengon, Mirzuan : Jauhi Narkotika dan Jadilah Pemilih Pemula Yang Cerdas

74

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, bertindak sebagai inspektur upacara bendera yang berlangsung di SMKN 1 Takengon, Senin pagi (15/01/2023).

Upacara bendera tersebut diikuti oleh, Kepala Sekolah SMKN 1 Takengon beserta jajarannya, Para dewa guru SMKN 1 Takengon, Para pegawai tata usaha SMKN 1 Takengon, serta seluruh siswa/i mulai kelas X, XI, dan XII SMKN 1 Takengon.

Dalam arahannya, Mirzuan menyampaikan bahwa, upacara bendera yang dilakukan setiap hari Senin, hendaknya tidak dimaknai sebagai seremonial belaka saja.

“upacara bendera setiap hari Senin ini, bukan hanya sekedar seremonial saja, namun sebagai wahana pembelajaran dan latihan bagaimana kita dapat menjalankan hidup keseharian yang lebih baik dengan tertib dan taat aturan,” ucap Mirzuan.

“tentunya hal ini untuk membiasakan siswa/i untuk selalu bersikap tertib serta disiplin, meningkatkan kemampuan leadership, membiasakan kelompakan serta kerja sama, serta wujud terhadap cinta bangsa dan tanah air,” tambahnya.

Kemudian, Mirzuan juga menyampaikan, siswa/i yang saat ini sedang berada pada usia remaja, yang mana kestabilan emosi dan jiwa belum berjalan dengan baik, serta rasa keingintahuan sangat besar dalam mencoba hal-hal baru.

“untuk itu perlu kami ingatkan kepada seluruh siswa/i yang sedang mencari jati diri, agar dapat menghindari hal-hal yang menyimpang, seperti narkoba dan kenakalan remaja,” ingatnya.

“perjalanan siswa/i sendiri masih panjang, perilaku-perilaku menyimpang seperti itu dapat merugikan diri sendiri dan keluarga, kita sendiri tidak menginginkan hal tersebut, sebab anak-anakku sekalian merupakan penerus bangsa ini,” lanjutnya.

Ia menambahkan, penyalahgunaan dan peredaran obat saat ini menjadi masalah yang sangat memprihatinkan, narkoba dan narkotika semakin marak dan telah menyebar hingga generasi penerus bangsa yaitu remaja.

“para remaja mengkonsumsi narkoba biasanya mulai dari coba-coba, penggunaan secara berkala kemudian meningkat menjadi penyalahgunaan narkoba yang merugikan diri sendiri, keluarga, dan negara,” jelas Mirzuan.

“kami mohon kepada anak-anakku siswa/i sekalian, untuk menghindari penyalahgunaan narkotika serta kenakalan remaja lainnya, mulailah untuk melakukan kegiatan positif karena kalian merupakan pemimpin bangsa dimasa mendatang,” tambahnya.

Sebagai penutup, Ia mengingat akan dilaksanakan Pemilu dan Pemilukada pada tahun ini, yang mana sebagian besar dari pemilih ialah pemilih pemula yang merupakan siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) sederjat.

“kami berharap agar pelajaran yang merupakan pemilih pemula, dapat mengunakan hal suaranya dengan baik, dalam menyukseskan pesta demokrasi, serta menjadi pelopor generasi muda peduli demokrasi yang cerdas, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa ujaran kebencian, tanpa politik sara, dan tanpa politik uang,” harap Mirzuan.

“pendidikan politik bagi pemilih pemula bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan politik, sebab pemilih pemula sangat penting dalam mempengaruhi jalannya pemerintahan 5 tahun kedepan.” tutupnya. (AS/ProkopimAT)

X