Upaya Berkelanjutan TP-PKK Aceh Tengah Gelar Sosialisasi Gammawar 2024

157

Takengon – Setelah sebelumnya, Pemerintah Aceh melalui program kegiatan TP-PKK Aceh melakukan pembinaan dan penilaian Gammawar (Gampong Mawaddah Warrahmah) serta menunjuk Kampung Binaan Gammawar tahun 2024, berdasarkan kampung atau desa dengan angka stunting tertinggi yaitu Kampung Lumut Kemukiman Singah Mata kecamatan Linge.

Sebagai upaya berkelanjutan, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh Tengah menggelar sosialisasi Sosialisasi Pembinaan Gammawar Dalam Kecamatan Se Kabupaten Aceh Tengah, yang berlangsung di Gedung Ummi Komplek kediaman Dinas Bupati Aceh Tengah, Kamis (07/03/2024).

Pj. Ketua TP PKK Aceh Tengah Novita, dalam kesempatan tersebut kembali menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah memiliki target lebih tinggi dalam intervensi penurunan prevalensi angka stunting pada tahun 2024 ini, sehingga TP PKK Aceh Tengah, dalam mensosialisasikan program kegiatan Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) akan lebih fokus pada hal tersebut.

“Setiap orang tua tentunya menginginkan seorang anak yang tumbuh sehat, ya, Ibu-Ibu. Dari sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun itu adalah periode emas, dan kekurangan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan tidak dapat diperbaiki di usia selanjutnya,” ungkap Novita dalam sambutannya.

Semua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) baik tingkat kabupaten/kota, kecamatan, hingga Kampung dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah diajak memberi perhatian terhadap upaya lanjutan penangan stunting di daerah nya masing-masing.

Lebih lanjut disampaikan, Bahwa pembinaan Gammawar tahun ini bukan hanya difokuskan untuk di Kampung Lumut Kecamatan Linge saja tetapi juga di seluruh kampung lainnya di setiap kecamatan se Aceh Tengah dengan angka stuntingnya ter tinggi, karenanya, Istri Pj Bupati Aceh Tengah juga mengharapkan kontribusi masyarakat untuk memenuhi target pencegahan stunting menjadi lebih baik lagi.

“Upaya Ini perlu dukungan dari semua pihak. Upaya pencegahan dan penanganan stunting akan dilakukan dengan komitmen bersama, mulai dari TP-PKK Kabupaten tingkat kecamatan, sampai tinggkat Kampung untuk fokus memantau tumbuh kembang anak di 1000 (HPK) ini,” ujarnya.

Dalam Kegiatan ini juga dilakukan pembinaan langsung dari setiap Pokja TP PKK terkait, berbagai program kerja unggulan dan program kegiatan Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) agar dapat berjalan dengan lebih baik utamanya terkait penurunan angka stunting di Kabupaten Aceh Tengah pada tahun 2024. (HMA/ProkopimAT)

X