Warga Lut Tawar Pertahankan Tradisi Jum’at Bersih

48

Takengon- Warga Kecamatan Lut Tawar tetap mempertahankan kegiatan gotong royong yang dilaksanakan setiap Jum’at atau yang diberi nama Jum’at Bersih.

“Secara bergilir kami bersama Danramil dan Kapolsek ikut bersama warga untuk bergotong royong,” ungkap Camat Lut Tawar, Agus Kasim, disela kegiatan Jum’at Bersih di Kampung Merah Mersa, (22/02).

Menurut Agus kegiatan Jum’at Bersih sangat efektif untuk membersihkan lingkungan, sebelum masyarakat melakukan persiapan untuk ibadah jum’at.

Terpisah, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menanggapi kegiatan jum’at bersih merupakan budaya yang sudah ada sejak dulu.

“Jum’at bersih ini sebenarnya sudah menjadi kearifan lokal, hanya saja terkadang redup dan terkadang semangat lagi, tapi tidak pernah sama sekali hilang,” ujar Shabela.

Agar Jum’at bersih tetap konsisten terlaksana di tengah masyarakat perlu komitmen dari Camat dan aparat kampung untuk terus menggerakkan masyarakat.

“Dengan turunnya Camat atau Reje setiap jum’at tentu masyarakat akan mengikuti, saya juga sekali-kali nanti akan turun langsung.” imbuhnya.(MK)