Bupati Shabela Terima Utusan Perusahaan Montenegro Cigar Untuk Jajaki Kerjasama Cerutu Gayo

63

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar menerima kunjungan silaturrahmi perwakilan perusahaan Cerutu Montenegro Cigar di ruang kerjanya, Selasa (12/01).

Kedatangan utusan perusahaan Montenegro Cigar itu, diwakili oleh Lina Andrawijaya selaku Representatif Montenegro Group Indonesia dengan didampingi staf Legal Advisor beserta Entrepreneur Consultant perusahaan.

Turut hadir pada kesempatan itu Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Aceh Tengah Harun Manzola, Kadis Pertanian Nasrun Liwanza, Sekretaris Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Zulfan Diara serta Owner dari Perusahaan Gayo Mountain Cigar, Salmi dan Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia, Sukurdi Iska.

Pada kesempatan itu, Bupati Shabela mengatakan Pemkab Aceh Tengah menyambut baik adanya pihak-pihak yang tertarik menanamkan modalnya atau menjalin kerjasama dengan perusahaan atau pelaku industri di Kabupaten Aceh Tengah.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat pro investasi bahkan memberikan banyak kemudahan terutama dibidang perizinan yang selama ini sering dikeluhkan oleh calon investor dari luar daerah.

“Silakan masuk dan berinvestasi disini. Bahkan saya akan memberikan kemudahan perizinan dan menggratiskan biaya-biaya perizinannya” ungkap Shabela.

“Apalagi bila terkait dengan optimalisasi komoditi atau produk unggulan daerah seperti kopi, pinus dan tembakau, kami akan memberikan perhatian yang lebih serius” lanjutnya.

Bupati Shabela meyakini, dengan adanya investasi atau kerjasama dibidang pengolahan Tembakau akan mampu mengangkat citra Tembakau Gayo dan juga adopsi teknologi dalam pengolahan Tembakau khususnya menjadi Cigar atau di Indonesia populer dengan sebutan Cerutu.

Representatif Montenegro Cigar Indonesia Lina Andrawijaya atau Belina mengatakan bahwa pihaknya tertarik melakukan kerjasama dengan salah satu industri Cigar di Kabupaten Aceh Tengah yang diketahui baru eksis memproduksi Cerutu dengan merek dagang Gayo Mountain Cigar (GMC).

Bahkan dilanjutkannya, penjajakan dan silaturrahmi yang mereka lakukan pada kesempatan ini merupakan instruksi langsung dari otoritas Montenegro Cigar Company, yang diseriusi dengan dilakukannya telekonferensi antara Bupati Shabela dengan CEO perusahaan bersangkutan, Mr. Fadi dari California, US.

Beliau sangat senang dan respek dengan dukungan Bupati dan akan segera menyikapi rencana kerjasama usai kunjungan representatif perusahaan mereka di daerah ini.

“Kita akan lakukan yang terbaik untuk memajukan pengembangan Cigar dan Tembakau Gayo” kata Mr. Fadi yang diterjemahkan melalui Belina.

Direncanakan, selama berada di Aceh Tengah, mereka akan mengunjungi areal perkebunan warga sekalian melakukan uji citarasa Tembakau yang selama ini diolah masyarakat secara tradisional dan turun temurun. (IMH/Humas)