Disdukcapil Aceh Tengah Gelar “Ngobar Pil”, Apa Itu?

51

Takengon – Berbagai cara perlu terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan, khususnya layanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Aceh Tengah.

Kali ini muncul istilah “Ngobar Pil” atau singkatan dari Ngopi Bareng Dukcapil berupa kegiatan ngopi gratis bagi masyarakat yang datang mendapatkan pelayanan maupun warga yang khusus ingin konsultasi dengan suasana yang lebih santai.

“Konsep Ngobar Pil kita lakukan di taman depan kantor dengan suasana yang santai, masyarakat yang konsul bisa dilayani di luar sambil ngopi gratis,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Senin (28/06/2021).

Ngobar Pil perdana sudah dilakukan pada Jumat (25/06/2021) lalu, terlihat warga antusias berdiskusi tentang pelayanan Dukcapil dan menghabiskan lebih 100 cup Kopi Arabika Gayo. Selanjutnya Ngobar Pil akan dilakukan berkala sebulan dua kali atau seminggu sekali serta di waktu-waktu khusus lainnya.

Menurut Mustafa, kegiatan Ngobar Pil menjadi wadah komunikasi dua arah antara Dinas Dukcapil dengan masyarakat, di satu sisi menyerap masukan dan keluhan sementara disisi yang lain menjadi ruang sosialisasi layanan Adminduk.

Pelayanan lebih komunikatif, ramah dan peduli seperti yang terus diupayakan oleh Dinas Dukcapil menjadi penekanan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam berbagai kesempatan pertemuan rapat dengan jajaran perangkat daerah.

“Kondisi Covid 19 juga tetap jadi perhatian kami, karena itu kegiatan Ngobar Pil di buat di luar kantor sekaligus membiasakan masyarakat duduk di taman Dukcapil sambil menunggu pelayanan untuk memecah konsentrasi masyarakat di dalam ruang tunggu pelayanan,” demikian Mustafa. (*)