Festival Panen Kopi Gayo 2023 Resmi Dibuka

310

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan dan SDM Ir. Khaidir, MM membuka Event Festival Panen Kopi Gayo 2023 bertempat di Kampung Kelitu, Kecamatan Bintang, Sabtu (11/11/2023)

Festival panen kopi gayo ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai wahana akselerasi pemajuan kebudayaan desa di kawasan Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang pemasaran kopi, namun juga sebagai ajang melestarikan seni dan budaya gayo.

Demikian yang disampaikan oleh Staf Ahli Khaidir membacakan sambutan Pj. Bupati Aceh Tengah.

Selanjutnya, selaku pemerintah daerah ia merasa senang, karena warga gayo mampu menjaga budaya.

“Kami sangat berbahagia masyarakat Gayo mampu menjaga budaya secara turun-temurun hingga sekarang di tengah perkembangan teknologi dan maraknya pengaruh westernisasi”, ungkap Khaidir.

Ia berharap dengan adanya event seperti ini petani dapat meningkatkan pengalaman dalam budidaya kopi yang berkesinambungan.

“Semoga dengan dilaksanakannya Event Festival Panen Kopi Gayo 2023 dapat menjadi wadah bagi para petani untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam budidaya kopi yang berkelanjutan, serta memahami prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan seperti pemupukan organik, praktik-praktik penanaman yang ramah lingkungan, dan perlindungan hutan di sekitar perkebunan kopi”, harapnya.

Pada acara tersebut turut menghadirkan Lomba perahu, tari kreasi TK kampung Kelitu, tari kreasi kampung Kelitu dan didong anak. (KS/ProkopimAT)

X