Minggu Keempat Juni 2023, Aceh Tengah Alami IPH Sebesar 1,72 Persen

179

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, secara daring mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang dilaksanakan secara rutin oleh Kemendagri, Selasa (04/07/2023) di Gedung Aceh Tengah Command Center (ATCC).

Menurut data hasil rilis BPS, dalam periode minggu keempat (M4) bulan Juni 2023 atau tepatnya pasca Hari Raya Idul Adha 1444H hampir seluruh kabupaten/ kota di Provinsi Aceh mengalami inflasi lantaran adanya kenaikan harga sejumlah komoditas pangan pada indeks kelompok pengeluaran.

Dalam rilis tersebut turut dilaporkan juga perkembangan Indikator Perkembangan Harga (IPH) secara nasional dan regional, dimana Kabupaten Aceh Tengah berada di urutan keenam tertinggi di Provinsi Aceh dengan persentase perkembangan IPH pada M4 Juni 2023 diangka 1,872%.

Komoditas utama yang mempengaruhi kenaikan IPH di sejumlah Kab/ kota di Aceh adalah daging sapi/ kerbau, daging ayam, bawang merah, bawang putih, telur ayam, cabe merah dan minyak goreng.

Untuk Kabupaten Aceh Tengah sendiri, komoditi yang paling besar variasi harganya dalam memberikan kontribusi kenaikan IPH adalah cabe merah sebesar 1,012%, daging ayam ras sebesar 0,286% dan telur ayam ras sebesar 0,199%.

Secara nasional, jumlah kabupaten/ kota yang mendapati kenaikan IPH juga mengalami peningkatan dibanding periode bulan lalu. Bahkan, pada periode ini tercatat jumlah kabupaten/ kota yang mengalami kenaikan IPH lebih besar dari jumlah kab/ kota yang mengalami penurunan IPH. (IMH/ProkopimAT)

X