Mirzuan Lantik Mukim dan 5 Reje Di Bintang

184

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT melantik Mukim Bintang dan 5 Reje Kampung di Kecamatan Bintang, bertempat di aula Kantor Camat Bintang, Kamis (19/10/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Aceh Tengah beserta jajarannya, Camat Bintang, unsur Forkopimcam Bintang, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Pj. Bupati dalam sambutannya mengatakan pelantikan Mukim dan Reje Kampung hari ini merupakan suatu proses berlanjutnya roda pemerintahan kemukiman dari periode yang lama ke periode yang baru.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum ini untuk meneruskan tradisi yang selama ini sudah berjalan, sekaligus evaluasi agar berbuat lebih baik di masa depan.

“Kami yakin masyarakat masing-masing kampung menaruh harapan yang besar atas dilantiknya Mukim dan Reje yang baru untuk membawa kemukiman dan masing-masing kampung ke arah yang lebih baik”, ujar Mirzuan usai prosesi pelantikan.

Selain itu, Mirzuan menegaskan bahwa mukim yang berperan sebagai pemersatu, bersama camat dan reje harus punya sikap yang tepat dalam menghadapi dinamika masyarakat yang terus berkembang.

“Jika ada potensi masalah agar segera dilakukan antisipasi, jangan sampai membesar dan meluas. Selaku pimpinan daerah kami mengharapkan sistem pemerintahan mulai dari level terendah berjalan dengan efektif”, tegas Mirzuan.

“Jangan sampai masalah yang bisa ditangani di tingkat kampung mencuat ke atas, musyawarahkan di tingkat kampung, kalau tidak bisa juga, agar mukim menjadi penengah. begitu juga selanjutnya, camat harus berperan sebagai pemimpin yang mengayomi kampung dan kemukiman”, imbuhnya.

Adapun kelima Reje yang dilantik yaitu, Sabirul Rasid sebagai Reje Kelitu Sintep menggantikan Syahmuddin, SE, selanjutnya Mansur Ariga sebagai Reje Wihlah Setie menggantikan Syah Bandar, dan Sastra Wandi sebagai Reje Kejurun Syiah Utama menggantikan Darwis Ilyas.

Kemudian Sabri sebagai Reje Gele Pulo menggantikan Pida Uddin, SE, serta Safruddin sebagai Reje Genuren menggantikan Hajadin Saputra, SE. Sebagai informasi, kelima Reje baru ini menggantikan posisi bedel di lima kampung di Kecamatan Bintang dimaksud.

Sementara itu, Mukim Bintang terpilih adalah Junaidi menggantikan posisi Fithrah. (KS/ProkopimAT)

X