Pesan Mirzuan, Setelah Berakhirnya Pelaksanaan KKM Angkatan XXIV Universitas Al-Muslim

104

Takengon – Sehubungann telah berakhirnya pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Angkatan XXIV Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Al-Muslim yang telah berlangsung selama 30 hari terhitung 23 Januari – 21 Februari 2024, di enam kecamatan di Aceh Tengah yaitu, Lut Tawar, Bebesen, Bintang, Kebayakan, Bies, dan Pegasing.

Pelepasan yang menandakan telah berakhirnya pelaksanaan KKM tersebut, dihadiri oleh Rektor Universitas Al-Muslim beserta jajarannya, Civitas Akademika Universitas Al-Muslim, Para Unsur Pimpinan Kecamatan Lut Tawar, Bebesen, Bintang, Kebayakan, Bies, dan Pegasing, Para dosen pembimbing Universitas Al-Muslim, serta 480 Mahasiswa Universitas Al-Muslim.

Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah Sukirman, S.STP, M.Ec.Dev, menghadiri acara pelepasan tersebut dan menyampaikan beberapa pesan kepada mahasiswa Universitas Al-Muslim yang telah selesai melaksanakan KKM di Aceh Tengah, dj Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Rabu (21/02/2024).

Program kuliah kerja ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa.

“kami sangat mengapresiasi semangat mahasiswa yang telah selesai melaksanakan kegiatan sampai dengan selesai, hal ini menunjukkan dedikasi mahasiswa terhadap pendidikan dan pengembangan diri,” ujar Sukirman melalui sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Dengan telah selesainya KKM ini, mahasiswa diharapkan dapat menggali pengalaman baru, memperluas wawasan, dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari untuk dikemudian hari dapat dipraktekkan dengan baik.

“hadirnya KKM ini juga dapat menjadi salah satu ajang yang tepat untuk menggali potensi lokal, memahami kearifan lokal, dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat setempat,” katanya.

“penting untuk diingat bahwa pendidikan tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melibatkan pengalaman di lapangan. Oleh karena itu, kami berharap para mahasiswa dapat mengoptimalkan setiap momen selama kuliah kerja ini untuk memperdalam pemahaman terhadap dinamika sosial, ekonomi, dan budaya di Aceh Tengah,” harap Sukirman.

Ia melanjutkan, program kuliah kerja ini bukan hanya sebagai kewajiban akademis, tetapi juga sebagai investasi dalam menciptakan generasi yang berwawasan luas, bertanggung jawab, dan siap berkontribusi dalam membangun daerah.

“terakhir, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan program ini, terutama kepada Universitas Al-Muslim yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah Aceh Tengah,” lanjutnya.

“semoga program kuliah kerja ini menjadi langkah awal menuju perubahan positif, dan semoga mahasiswa dapat pulang dengan bekal pengalaman berharga yang akan membentuk masa depan dari mahasiswa yang juga merupakan generasi penerus bangsa.” tutup Sukirman dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah. (AS/ProkopimAT)

X