Pj. Bupati Aceh Tengah Hadiri Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Ruhama

69

Takengon – Pemkab Aceh Tengah menggelar kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an Bulan Ramadhan 1445 H/ 2024 M di Masjid Raya Agung Ruhama Takengon, Rabu Malam (27/3/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema “Jadikan Al-Qur’an Sebagai Hudallinnas” ini dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT kemudian Tausyiah Nuzulul Qur’an tersebut diberikan oleh Ustadz Muhammad Musa.

Sebelum dilakukannya kegiatan Nuzulul Qur’an ini Pj. Bupati T. Mirzuan juga mengikuti Shalat Isya, Tarawih dan Witir berjamaah.

Selanjutnya dalam sambutannya, Pj. Bupati Aceh Tengah menyampaikan bahwa Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi Umat Islam, yaitu peristiwa turunnya wahyu Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW untuk memberi petunjuk kepada manusia, bagi umat Islam Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan sumber ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya untuk digali dan dikaji.

Al-Qur’an telah menyajikan substansi hubungan manusia dengan Tuhan (hablum minallah), hubungan manusia dengan sesamanya (hablum minan naas) dan hubungan manusia dengan alam semesta.

Karena Al-Qur’an telah mengajarkan kepada kita tentang toleransi, keadilan, kebaikan, kedamaian, kesejahteraan dan tidak mengajarkan kedzaliman apalagi kekerasan.

“Oleh karena itu, melalui peringatan malam Nuzulul Qur’an ini mari kita tingkatkan lagi semangat untuk lebih mendekatkan diri kepada Al-Qur’an, baik melalui pembacaan, pemahaman dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari” ujar Pj. Bupati Mirzuan.

Menurutnya, Al Qur’an diturunkan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW agar menjadi sumber segala ilmu pengetahuan, agar membimbing kita semuanya menjadi lebih baik lagi.

“Mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan pedoman yang akan membimbing langkah kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini” tambah Mirzuan.

Tampak hadir pada kegiatan Nuzulul Qur’an Forkopimda Aceh Tengah, Para Kepala OPD Aceh Tengah, Para Camat, Tokoh Agama dan juga Tokoh Masyarakat. (DPM/ProkopimAT)

X