Pj. Bupati Aceh Tengah Hadiri Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Bagi Pemilih Muda

89

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, menghadiri kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Bagi Pemilih Muda, bertempat di Aula Setdakab Aceh Tengah, Selasa (01/08/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Para Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Para panitia pelaksana kegiatan, dan para siswa/i dari beberapa sekolah Lingkup Kabupaten Aceh Tengah yang merupakan pemimpin muda.

Dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan, Pemilihan Umum (Pemilu) ialah wadah dari kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta untuk memilih anggota DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/ Kota.

“tentunya bagi para pemilih muda yang masih duduk di bangku sekolah, juga harus melaksanakan Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” jelas Mirzuan.

Kemudian, dalam rangka menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan secara serentak pada Februari 2024 mendatang, peran dari generasi muda tentunya sangat penting terhadap persoalan bangsa Indonesia saat ini.

“peran dari pemilih muda dalam Pemilu berada antara antusiasme dan apatisme politik, pada satu sisi sangat bersemangat dan ingin mengetahui seputar pemilu,” kata Mirzuan.

“belum tentu antusias tersebut sejalan dengan realitas perilaku politiknya, bahkan tidak sedikit generasi muda yang memilih tidak menyalurkan hak pilihnya alias golput,” tambahnya.

Ia melanjutkan, untuk mencegah terjadinya politisasi terhadap pemilih pemula seperti maraknya politik uang, minimnya pemahaman terkait dengan teknis pencoblosan, dan lain sebagainya.

“diharapkan stakeholder terkait, dapat lebih intens dalam melakukan literasi politik kepada pemilih muda, dengan cara melakukan pendidikan pemilih kepada pemilih muda agar menjadi pemilih yang cerdas, pemilih cerdas yang mengedepankan rasionalitas dalam menentukan pilihannya,” ujar Mirzuan.

“tentu, saya sangat mengapresiasi sosialisasi penyelenggaraan pemilu bagi pemilih muda, hal ini merupakan suatu bentuk kepedulian kita terhadap penyukseskan Pemilu 2024 mendatang,” sambungnya.

Menutup sambutannya Mirzuan berharap agar pemilih muda dapat menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi tahun 2024, dalam menentukan masa depan bangsa ini.

“kami berharap agar pemilih muda menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2024 dalam menentukan kepemimpinan Bangsa Indonesia,” harapnya

“para pemilih muda juga diharapkan waspada dengan hoax, jangan mudah terprovokasi apalagi ikut penyebarluasan berita hoax, di tengah perkembangan teknologi ini kita harus mampu memilah informasi yang akurat apalagi informasi tersebut berkaitan erat dengan Pemilu mendatang.” tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X