Asisten I Wakili Bupati Lepas Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 Dari Kabupaten Aceh Tengah

36

Takengon – Bupati Aceh Tengah yang diwakili Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah, Drs. Mursyid, M.Si melepas rombongan dari Kwarcab Pramuka Kabupaten Aceh Tengah menuju ajang Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI Tahun 2022 yang akan berlangsung pada tanggal 14-21 Agustus 2022 mendatang di Cibubur, Jakarta.

Acara pelepasan yang digelar di halaman Kantor Bupati Aceh Tengah pada Sabtu (06/08) pagi itu, tampak dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Uswatuddin, Kadis Pemuda dan Olahraga Zulfan Diara, dan Ketua Umum Kwarcab Pramuka Kabupaten Aceh Tengah H. Mukhlis Gayo.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati memberikan selamat kepada putra dan putri serta pendamping rombongan yang mewakili Kabupaten Aceh Tengah dalam event lima tahunan perkemahan besar Pramuka Penggalang se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional tersebut.

Bupati berpesan selama mengikuti berbagai kegiatan dalam jambore tersebut, para peserta yang merupakan putra-putri terbaik dari gugus depan gerakan Pramuka di daerah ini harus selalu terus menerus membina diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, idealisme dan harga diri serta mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadiannya, memiliki kesegaran jasmani dan daya kreasi serta dapat mengembangkan kemandirian, kepemimpinan dan ilmu pengetahuan, keterampilan, semangat kerja keras dan kepeloporan.

“Pesan kami kepada adik-adik yang akan mengikuti jambore nasional agar senantiasa memegang prinsip menghormati pembina, sehingga apapun yang adik-adik lakukan tetap dalam pengawasan pembina. Jangan royal dan gegabah dalam mengikuti jamnas ini, karena setiap keteledoran yang adik-adik lakukan tentu akan memberikan dampak yang tidak baik dalam kegiatan ini,” pesan Bupati dalam sambutannya.

Oleh karena itu bupati mengingatkan agar para peserta dan rombongan dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, dan menjaga diri selama kegiatan Jambore Nasional itu berlangsung, serta mampu menampilkan secara positif wajah daerah kepada seluruh peserta yang membaur dari Sabang hingga Merauke.

Beliau juga menaruh harapan, rombongan jambore ini kiranya menjadi duta dalam menyebarkan semangat persatuan dan kerukunan, serta mampu menjaga sikap juga perilaku baik dari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun daerah.

“Jaga nama baik orang tua, masyarakat dan daerah kita. Jangan melakukan perbuatan tercela yang merugikan diri sendiri, keluarga atau bahkan menjadi aib bagi masyarakat. Namun sebaliknya jaga sikap dan perilaku yang baik, jadi contoh dan teladan bagi teman-teman serta menjadi panutan dalam pergaulan,” ingat bupati.

“Sekali lagi kami berharap, baik kepada pembina yang mendampingi kegiatan jambore Nasional ini maupun kepada adik-adik agar senantiasa menjunjung tinggi sportifitas, kejujuran, keuletan dan kegesitan.” Harap bupati lebih lanjut.

Sebelumnya, dalam laporan pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Aceh Tengah yang diwakili kehumasan dan pembina kontingen pria, Khosi. NT, menyampaikan bahwa jumlah peserta yang masuk dalam kontingen Jamnas XI Kabupaten Aceh Tengah sebanyak 29 orang.

Dia merincikan, kontingen yang akan berangkat masing-masing: peserta sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 orang putra dan 8 orang putri dari 16 Gugus Depan/ Kwartir Ranting Selanjutnya pembina pendamping sebanyak 2 orang masing-masing untuk putra dan putri dari unsur andalan cabang dan dewan kerja cabang. 1 orang pimpinan kontingen dari unsur andalan kwartir cabang, serta 10 orang romli (penggembira) yang terdiri dari 5 putra dan 5 putri dari unsur andalan cabang dan dewan kerja cabang Kabupaten Aceh Tengah.

“Adapun peserta utama yang ikut Jamnas ini merupakan hasil seleksi 142 peserta dari 16 Gugus Depan dan 6 Kwartir Ranting di Kabupaten Aceh Tengah. Dari penyeleksian tersebut maka panita menetapkan 8 putra dan 8 putri sebagai peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022.” Demikian lapor Khosi. (IMH/ProkopimAT)