Bertemu Menteri Kesehatan, Pj. Bupati T. Mirzuan Sampaikan Harapannya

530

Jakarta – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, menyampaikan aspirasinya sebagai harapannya kepada Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin terkait usulan kebutuhan sarana prasarana dan alat kesehatan, saat berkunjung ke Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu (01/03/2023).

“Aspirasi usulan kita telah diterima oleh Menteri Kesehatan RI, beliau menyampaikan bahwa Kementerian akan mengakomodir kebutuhan daerah yang telah diprogramkan kementerian”, ujar Mirzuan.

T. Mirzuan menyampaikan permohonan dukungan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan terhadap kendala yang dihadapi di daerah termasuk infrastruktur kesehatan dan pemenuhan tenaga kesehatan di daerah.

“Peningkatan infrastruktur pelayanan kesehatan di Aceh Tengah terus kita dorong dan saya berharap semua usulan kita dapat ditindaklanjuti Kementerian Kesehatan, alhamdulillah mendapat respon baik dari Pak Menteri Budi untuk langsung membantu kita dalam peningkatan pelayanan kesehatan”, jelasnya.

“Termasuk juga peningkatan SDM dokter dan tenaga medis yang dimiliki, Kementerian bersedia memberikan beasiswa kepada dokter spesialis kita untuk kemudian dapat dibantu dalam pendidikannya dan akhirnya bisa mengabdi untuk masyarakat kita”, lanjutnya.

Dalam kunjungan tersebut Pj. Bupati didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM, Kadis Kesehatan Aceh Tengah, dr Yunasri MKes dan Kabag Prokopim, Rahmat Hidayat, S.STP, M.Si.

Sementara itu Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi menyambut baik pertemuan sebagai komitmen Pj. Bupati Aceh Tengah dalam upaya peningkatan mutu pelayanan bidang kesehatan di Kabupaten Aceh Tengah. Dimana Menteri Kesehatan RI menerima dan menyambut baik usulan-usulan tersebut serta memberi banyak masukan terhadap pembangunan sektor kesehatan di Aceh Tengah.

Budi Gunadi Sadikin menjelaskan untuk DAK tahun 2023 sudah selesai dibahas dan telah ditetapkan. Meski demikian ia akan mencoba cari sumber pembiayaan lainnya untuk dapat membantu Kabupaten Aceh Tengah. 

“di tahun 2024 akan kami masukan prioritas untuk merealisasikan bantuan seperti yang sampaikan Pj. Bupati Aceh Tengah. sebagai acuan penganggaran kami harap daerah mengoptimalkan dana BOK yang telah dianggarkan. kemudian nantinya kami dan jajaran melakukan pertemuan internal apa yang dapat dibantu dalam usulan tersebut”, ujarnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Dirjen Kesehatan masyarakat, dr. Marian Endang Sumiwi, MPH, Dirjen Tenaga Kesehatan, drg. Arianti Anaya, MKM, Dirjen Pelayanan Kesehtan, dr. Azhar Jaya, SKM, M.A.R.S, Staf Ahli Kemenkes, Bambang Widianto dan jajaran Kementerian Kesehatan. (RH/ProkopimAT)

X