Bupati Hadiri Wisuda Sarjana Ke-IX Universitas Gajah Putih Takengon

93

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar menghadiri dan memberi kata sambutan pada Upacara Senat Terbuka Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan Ke-IX Tahun 2020 yang dilaksanakan di Gedung M. Beni Bantacut Kampus UGP Takengon, Senin (21/12).

Turut memberikan sambutan dalam pelaksanaan wisuda IX itu, Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT dan Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh, Prof. Dr. Faisal, SH., M.Hum yang sekaligus memyampaikan orasi ilmiah dengan judul Memanusiawikan Manusia Melalui Pendidikan.

Bupati Shabela dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyampaikan rasa bangga dan turut bahagia dengan terselenggaranya prosesi wisuda.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, saya ucapkan Selamat dan Sukses atas diwisudanya para wisudawan/wisudawati sarjana Universitas Gajah Putih Takengon” ujar Bupati.

Bupati Shabela berharap kepada para wisudawan dan wisudawati agar tidak cepat berpuas diri, terus tingkatkan dan kembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama menempuh pendidikan tinggi, karena sesungguhnya purna wisuda baru merupakan langkah awal dari usaha berkesinambungan meningkatkan kualitas pribadi.

Selanjutnya dikatakan Bupati, dengan pelaksanaan wisuda kali ini, tentu akan semakin menambah jumlah para intelektual di Kabupaten Aceh Tengah, untuk itu Bupati berharap para lulusan yang diwisuda pada hari ini dapat memberikan perubahan sosial ditengah masyarakat dengan memberikan kontribusi positif untuk menata peradaban dan tatanan sosial masyarakat dalam keberagaman ilmu pengetahuan bagi kemajuan Kabupaten Aceh Tengah dimasa yang akan datang.

“Semoga pada wisudawan/wati nanti dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan keilmuan dan perbaikan akhlak ditengah masyarakat” ucapnya.

Lebih jauh Bupati berharap, para sarjana ini hendaknya jangan hanya bergantung mencari pekerjaan seperti menjadi tenaga honorer di instansi Pemerintahan dan atau menjadi PNS, tetapi para lulusan ini harus dapat membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Kami memiliki harapan besar kepada seluruh wisudawan maupun alumni Universitas Gajah Putih Takengon, agar tidak menggantungkan diri pada ketersediaan lapangan kerja” katanya.

“Justru sebaliknya, selalu nyalakan harapan agar para wisudawan mau menempuh jalan lain dengan memposisikan diri sebagai pencipta lapangan kerja” tambah Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyinggung tentang upaya penegerian Universitas Gajah Putih Takengon yang perjuangannya terus dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Dikatakannya, dalam proses panjang yang dilakukan selama ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah selalu mendapat dukungan dari Pemerintah Aceh, bahkan pada beberapa waktu yang lalu Gubernur Aceh juga ikut mendampingi Bupati Aceh Tengah dan Pimpinan Universitas serta Yayasan Gajah Putih menemui Presiden RI di Istana Negara.

Menjawab pernyataan yang disampaikan Bupati Aceh Tengah terkait upaya penegerian UGP, Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam kesempatan selanjutnya ketika memberi kata sambutan, menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh akan terus bersama Pemkab Aceh Tengah dan pimpinan yayasan juga rektorat UGP, untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan masyarakat di wilayah tengah Aceh ini.

“Pemerintah Aceh memiliki perhatian khusus terhadap keberadaan Universitas Gajah Putih. Beberapa waktu lalu kami ikut bersama-sama Bapak Bupati Aceh Tengah berhadapan dengan Bapak Presiden. Dan saya saksikan sendiri, beliau berbicara secara langsung kepada Bapak Presiden tentang upaya Penegerian UGP” tegas Gubernur.

Selain itu kata Nova, Pemerintah Aceh juga saat ini sedang memproses sertifikat hibah dan pengembangan lahan Universitas Gajah Putih Takengon. Hal ini dikatakannya, dimaksudkan untuk memberikan legalitas kepemilikan tanah Universitas, sekaligus juga untuk mendukung pengembangan sarana dan prasarana kampus.

Sebelumnya, dalam laporan yang disampaikan Rektor UGP, Eliyen, S.Hut., MP pelaksanaan wisuda IX diikuti 300 wisudawan/wati dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Ke-300 orang wisudawan yang diwisuda pada kesempatan itu berasal dari 9 Program Studi pada 4 (empat) Fakultas yang ada, masing-masing Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Teknik.

Turut hadir dalam acara wisuda ini Ketua Yayasan Gajah Putih Takengon, para mantan Rektor dan para pimpinan dan dekan dalam lingkungan Universitas Gajah Putih Takengon. (IMH/Humas)