Bupati Lantik Subhandhy Sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah

122

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar melantik Subhandhy sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) di Gedung Ummi Pendopo Takengon, Sabtu (06/03).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Asisten Administrasi Umum Setdaprov. Aceh, Wakil Bupati Aceh Tengah H. Firdaus, Forkopimda, Para Staf Ahli dan Asisten, Kepala OPD, Camat serta sejumlah undangan lainnya.

Pantauan dilapangan, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Sekda tersebut berlangsung khidmat dan digelar dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker serta menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan covid-19.

Usai melantik Sekda, Bupati Shabela dalam sambutannya berpesan kepada Subhandhy untuk dapat membaca dinamika yang sedang berkembang dalam masyarakat, terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan kepala daerah.

Lanjut Shabela, seorang Sekda harus mampu memahami teritorial kewilayahan dan penyelenggaraan otonomi daerah serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif kepada seluruh institusi baik internal maupun eksternal.

“Untuk itu, kepada saudara Sekda dituntut agar mengeluarkan seluruh kemampuan dan menunjukan kapasitas yang saudara miliki, sehingga dinilai layak bekerja dan menduduki jabatan yang diamanahkan kepada saudara saat ini” ujar Shabela.

Bupati menekankan, dalam melaksanakan tugas sebagai Sekda, ada tiga hal yang penting dan harus diperhatikan, yakni : Pengawasan terhadap kinerja perangkat daerah, membangun hubungan kerja dengan mitra dan penyusunan anggaran yang berbasis kinerja.

Dengan demikian ujarnya, Sekda harus memiliki kepekaan, kecerdasan dan kemampuan untuk mengidentifikasi serta memecahkan masalah dengan baik.

Sebelum menutup sambutannya, Shabela mengingatkan Subhandhy agar mampu bekerja diatas standar rata-rata, dengan selalu berpedoman kepada Visi dan Misi Pembagunan Kabupaten Aceh Tengah.

“Loyalitas, integritas dan dedikasi merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dipisahkan dalam menjalankan tugas” sambung Shabela.

“Selamat bekerja, harapan kami
saudara dapat membuktikan kemampuan dengan menunjukan prestasi kerja yang baik dimasa yang akan datang” tutup Shabela.

Sekedar diketahui, pelantikan Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah tersebut, sebelumnya telah melalui tahapan seleksi terbuka yang dimulai sejak tanggal 3 Desember 2020 yang diikuti oleh enam orang pendaftar.

Subhandhy terpilih menjadi Sekda Kabupaten Aceh Tengah setelah sebelumnya bersama dua kandidat lainnya, Amir Hamzah Kepala Bappeda dan Harun Manzola Asisten Ekonomi dan Pembangunan mengikuti tahapan seleksi dan masuk sebagai tiga besar.

Dengan dilantiknya Subhandhy, AP, M.Si, melengkapi deretan daftar Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah yang saat ini telah dijabat oleh 15 orang sejak tahun 1946. (IMH/Humas)