Bupati Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Hari Jadi Ke-445 Kota Takengon

164

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar didampingi Sekda Subhandhy memimpin rapat persiapan Peringatan HUT Kota Takengon Ke-445 Tahun 2022, Kamis (20/01) di ruang kerjanya.

Dalam arahannya, Bupati Shabela mengatakan bahwa rapat tersebut dilakukan untuk memantapkan persiapan pelaksanaan kegiatan besar di Kabupaten Aceh Tengah yakni peringatan Hari Lahir Kota Takengon yang diperingati setiap tahun pada tanggal 17 Februari.

“Jadi hari ini kita memulai rapat persiapan peringatan HUT Kota Takengon pada tahun ini, agar semua masukan-masukan dapat tertampung dalam menyemarakkan HUT Kota Takengon ke-445 dan agar dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” ujar Bupati Shabela.

Dikesempatan itu, Bupati Shabela menekankan pelaksanaan peringatan HUT Kota Takengon pada tahun ini harus mempertimbangkan kesederhanaan namun memiliki gezah, agar seluruh masyarakat dapat merasakan ghirah hari jadi Kota Takengon pasca meredanya pandemi Covid-19 yang melanda.

“Kami berharap kita semua melakukan persiapan secara matang, agar pelaksanaan peringatan HUT Kota Takengon tahun ini berlangsung khidmat dan memiliki ghirah kecintaan terhadap Kota Takengon serta memberikan kegembiraan bagi masyarakat,” harapnya.

Lebih lanjut Bupati Shabela juga mengajak seluruh peserta rapat yang dihadiri oleh para Kepala OPD dan Camat agar peringatan HUT Kota Takengon setiap tahunnya dijadikan sebagai identitas kebanggaan daerah.

Dia meminta kepada para stakeholder terkait agar ikut berpartisipasi memeriahkan peringatan HUT Kota Takengon Ke-445 dengan memasang umbul-umbul, bendera dan spanduk yang menginformasikan peringatan HUT Kota Takengon pada lingkungan kerja/ usaha masing-masing dan ditempat-tempat yang diketahui khalayak ramai.

Sementara itu Sekda Subhandhy menyebutkan, dalam rangka menyongsong peringatan HUT Kota Takengon pada tahun ini seluruh OPD dan pihak-pihak yang tergabung dalam panitia bekerja efektif dengan perencanaan yang matang, terkoordinir dan penuh tanggungjawab.

Sekda katakan, setiap OPD harus berkontribusi untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan intensif. Ia menyampaikan pelaksanaan hari jadi Kota Takengon pada tahun ini, meskipun diperingati secara sederhana namun harus berlangsung semarak dan turut dirasakan oleh masyarakat.

“Ini adalah acara kita, acara kota kita. Mari dengan semangat dan tanggungjawab bersama, kita semarakkan seluruh agenda kegiatannya.” Ajak Subhandhy.

Terkait dengan kesemarakan HUT Kota Takengon yang Ke-445, Sekda Subhandhy menginstruksikan para Kepala SKPK, Camat dan pimpinan Instansi vertikal dan organisasi swasta lainnya, untuk melakukan pemasangan umbul-umbul dan spanduk selama satu bulan penuh terhitung mulai 10 Februari – 10 Maret 2022.

Seremoni Peringatan HUT Kota Takengon Ke-445 Tahun ini akan dimulai pada tanggal 17 Februari 2022 yang ditandai dengan Penyampaian Pertanggungjawaban Reje (Bupati) Selaku Ulu Rintah yang dilanjutkan dengan Sidang Paripurna HUT Kute Takengen di Gedung DPRK Aceh Tengah, untuk kemudian rangkaian peringatan HUT ditutup dengan acara resepsi.

Untuk menambah kesemarakan peringatan HUT Kota Takengon tahun ini, akan digelar Pacuan Kuda Tradisional Gayo, Lomba Perahu Tradisinal dan Perahu Naga serta Karnaval atau Pawai Budaya.

Selain itu, berbagai jenis perlombaan atau penampilan seni dan budaya juga pameran benda peninggalan Kerajaan Linge turut akan mewarnai peringatan hari jadi kota tertua diwilayah tengah Provinsi Aceh itu. (IMH/ProkopimAT)